Sukses

Cara Menyimpan Pisang Agar Tahan Lama

Pisang terbilang buah yang bisa awet asal disimpan dengan cara yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta - Pisang merupakan jenis buah yang mudah ditemukan di toko buah, pasar, maupun supermarket. Kandungan vitamin B dan B6 serta potasium membuat buah yang dagingnya berwarna putih itu bisa memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita.

Tekstur pisang yang lembut dan rasa yang enak membuat banyak orang menyukainya. Apalagi, pisang bisa dikonsumsi dengan berbagai cara.

Tetapi, proses penyimpanan pisang harus diperhatikan agar bisa tahan lebih lama. Berikut tipsnya seperti dilansir dari laman Pop Sugar:  

Beli Pisang Matang dan Belum Matang

Saat membeli pisang dalam jumlah banyak, cari pisang yang kuning dan hijau. Tujuannya agar Anda bisa mengonsumsi pisang yang sudah matang dahulu. Pisang berwarna hijau yang belum matang dapat Anda simpan sampai warnanya menguning.

Hindari dari Cahaya

Bila Anda belum ingin mengonsumsi pisang yang sudah matang, coba tutupi pisang dengan lap. Cara tersebut dapat memperlambat pisang agar tidak membusuk.

Pisahkan Tempat

Setiap buah memiliki perbedaan waktu kematangan. Agar tidak mudah matang, pisahkan pisang dengan buah lainnya, misalnya menghindarkan pisang dengan avokad.

Pakai Pembungkus Plastik

Tutupi bagian batang pisang dengan pembungkus plastik. Trik tersebut dapat membantu agar pisang tetap segar.(Fairuz Fildzah)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.