6 Manfaat Kentang yang Harus Anda Ketahui

Oleh Asnida Riani pada 04 Apr 2019, 01:00 WIB
Manfaat Kentang

Liputan6.com, Jakarta - Kentang menjadi salah satu sayuran favorit yang diolah menjadi sayur sup maupun menjadi menu favorit. Biasanya kentang diolah menjadi kentang goreng, donat dan lain sebagiannya.

Di sisi lain, ternyata kentang memiliki banyak manfaat yang perlu Anda ketahui.  Jika selama ini Anda menganggap kentang dikenal sebagai salah satu sumber karbohidrat alami, kentang juga memiliki kandungan lain yang bermanfaat untuk kecantikan.

Kentang mengandung akan nutrisi seperti vitamin A, B-kompleks,C, hingga asam folat. Selain lezat dikonsumsi, kentang juga memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut enam manfaat kentang yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu, 3 April 2019.

1. Membantu Mengurangi Berat Badan

Mengkonsumsi kentang rebus tidak akan menambah berat badan Anda, justru sebaliknya akan mengurangi berat badan, tetapi dengan ketentuan kentang yang direbus tersebut tidak ditambahkan garam, keju, ataupun mayones.

Kentang yang mengandung serat pangan ini berfungsi sebagai cadangan makanan dalam tubuh dan mengakibatkan rasa kenyang bisa bertahan lebih lama. Hal ini bisa bantu Anda untuk mengonsumsi makanan dan tubuh tetap memiliki energi cadangan untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

2. Membantu Menjaga Fungsi Jantung dengan Baik

Karotenoid dalam kentang membantu menjaga fungsi jantung dengan baik. Vitamin C dan B6 juga membantu mengurangi radikal bebas pada sel jantung dan sel-sel tubuh lainnya. Vitamin B6 juga memiliki peranan penting dalam proses di dalam tubuh bernama proses metilasi.

3. Mengatasi Kulit Kering

Penggunaan kentang sangat bermanfaat untuk kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit kering, kentang sangat cocok untuk mengatasinya. Anda tinggal membuat masker kentang untuk memberikan nutrisi dan melembabkan kulit. Tidak hanya itu, kentang juga dapat dijadikan sebagai penyegar alami dengan menggunakannya sebagai toner.

4. Membantu Mengelola Nutrisi Jadi Energi

Kandungan vitamin B6 yang tinggi pada kentang sangat berfungsi memecah karbohidrat dan protein menjadi glukosa dan asam amino. Keduanya merupakan bahan bakar utama sebagai sumber energi bagi tubuh.

5. Mampu Menghilangkan Mata Panda

Jika Anda termasuk orang yang memiliki katung mata, kentang juga dapat mengatasi lingkarang hitam di sekitar mata. Telah terbukti kentang sangat efektif dalam menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata karena sifatnya yang mampu mencerahkan secara alami.

Anda bisa gunakan kentang yang sudah dipotong-potong atau jus kentang, kemudian letakkan di mata Anda. Penggunaan teratur akan memudarkan lingkaran hitam dalam waktu singkat.

6. Memperlancar Pencernaan

Kentang kaya akan serat yang mampu melancarkan sistem pencernaan. Mengonsumsi serat juga bisa membantu mencegah jenis kanker tertentu terutama usus besar dan membantu mengatur kadar gula darah serta kolesterol. (Indah Permata Niska)

Saksikan video pilihan di bawah ini :