Sukses

Dari Bakso Solo hingga Bagor, 5 Bakso Paling Populer di Indonesia

Indonesia memiliki banyak jenis bakso. Berikut 5 jenis bakso yang populer di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Bakso jadi salah satu makanan yang dengan mudah ditemukan di Indonesia. Hidangan yang sangat cocok disajikan saat musim hujan ini memiliki banyak jenis.

Setiap kota  di Indonesia memiliki bakso yang khas. Kekhasan tersebut mulai dari rasa, bentuk, maupun sajian pendampingnya. Ada beberapa jenis bakso di Indonesia yang sangat populer. Berikut jenis-jenis bakso yang ada di Indonesia, seperti ditulis Fimela.com, Selasa (2/4/2019).

Bakso Solo

Bakso Solo merupakan sajian bakso khas kota Solo, Jawa Tengah. Ciri khas dari bakso ini terdapat pada rasanya. Bakso Solo memiliki cita rasa khas yang kuat karena menggunakan 90 persen daging sapi sebagai adonannya. Bakso Solo di kota aslinya dijual bersama balungan iga, gorengan tahu, dan bakwan.

Bakso Malang

Ada beragam bakso khas Malang yang siap memanjakan lidah pengggemar bakso. Ciri khas dari bakso Malang adalah bakso memiliki cita rasa gurih yang khas. Bakso Malang juga beraneka ragam mulai dari bakso daging sapi, bakso bakar, bakso goreng, bakso sumsum, bakso isi telur, bakso urat hingga bakso isi jamur.

Bakso Bakar

Bakso bakar merupakan bakso yang disajikan dengan cara dibakar dulu. Biasanya, bakso bakar dijual dengan bumbu pedas. Rasa bakso bakar cukup unik dan khas. Tak heran jika bakso bakar menjadi salah satu bakso favorit masyarakat Indonesia.

Bakso Cuanki

Bakso Cuanki merupakan bakso yang identik dengan masyarakat Jawa Barat. Di Bandung dan Bogor bakso cuanki ini jadi favorit. Bakso cuanki biasa juga disebut sebagai bakso khas Bandung. Tampilan bakso cuanki mirip dengan bakso khas Malang. Bedanya, ukuran bakso ini lebih kecil memiliki kuah yang terbuat dari tulang ikan.

Bakso Goreng (Bagor)

Selanjutnya, jenis bakso yang populer adalah bakso goreng atau bagor yang disajikan dengan saus sambal atau saus kecap. Tak sedikit penjaja makanan ringan pinggir jalan menjual bakso goreng dengan saus kacang yang lezat. Mengenai bakso goreng, ada banyak kafe atau rumah makan yang menjadikan bakso goreng sebagai sajian istimewa (Mimi Rohmitriasih/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.