Trik Jitu Menyimpan Ikan Supaya Tahan Lama di Lemari Es

Oleh Putu Elmira pada 02 Apr 2019, 09:45 WIB
Ilustrasi Ikan

Liputan6.com, Jakarta - Ikan merupakan bahan makanan yang dapat dibuat beragam sajian yang menggugah selera. Anda suka memasak ikan? Ada baiknya untuk mengetahui bagaimana cara menyimpan ikan agar lebih tahan lama di lemari es.

Tentunya, ikan dapat disimpan dalam kondisi yang masih segar. Namun selain itu, supaya lebih tahan lama, sebaiknya ikan disimpan dalam keadaan sudah matang yaitu usai direbus atau pun telah dikukus sebelumnya.

Fimela.com merangkum, ketika Anda membeli ikan, lebih baik pilih ikan yang masih segar. Tanda-tanda tersebut tampak dari ikan yang kenyal, mata bening, dan bau segar dari ikan tersebut.

Kemudian cuci bersih ikan, buang insang dan isi perut, dan kembali cuci hingga bersih. Taburi ikan dengan perasan lemon atau cuka, lalu diamkan selama beberapa menit, kukus atau rebus dengan sedikit air.

Yang perlu Anda perhatikan adalah saat mengukus atau merebus, jangan lupa menambahkan jahe yang telah dimemarkan dan beri sedikit garam supaya ikan terasa lebih enak.

Ikan yang telah matang diamkan hingga dingin lalu masukan ke kotak dan simpan di lemari es. Anda dapat menyimpan ikan di freezer jika menginginkan ikan tahan lebih lama. Di bagian luar, ikan tersebut dapat bertahan 3-5 hari.

Ketika Anda ingin memasak ikan, ambil secukupnya dan masak sesuai selera. Anda dapat mengolahnya dengan digoreng, pepes, atau sajian ikan lainnya. (Mimi Rohmitriasih/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini: