Sukses

Restoran Terbaik se-Asia Ada di Singapura, Indonesia Nomor Berapa?

Sementara Jepang jadi negara terbanyak penyumbang restoran di daftar 50 restoran terbaik se-Asia, wakil Indonesia hanya satu.

Liputan6.com, Jakarta - Odette di Singapura telah secara resmi dinobatkan sebagai restoran terbaik di Asia dalam pemberian penghargaan di Wynn Palace, Makau, belum lama ini. Tempat makan dengan konsep timeless fine dining ini sukses menggeser Gaggan di Bangkok, dari posisi pertama sebanyak empat kali.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Liputan6.com, beberapa waktu lalu, walau menyajikan masakan Perancis modern, dalam presentasinya, sajian demi sajian di sini merupakan refleksi inspirasi sang koki, Julien Royer, dari masakan Asia.

Pilihan ini jatuh berdasarkan opini pakar dari masing-masing restoran. Panel di setiap wilayah terdiri dari para penulis dan kritikus makanan, koki, pengusaha restoran, juga 'para ahli pencicip makanan' yang sangat dihormati.

Para anggota menentukan pilihan mereka berdasarkan preferensi, serta pengalaman tentang restoran terbaik dalam 18 bulan sebelumnya. Tidak ada daftar kriteria yang ditentukan sebelumnya, tapi ada aturan pemberian suara yang ketat.

Daftar 2019 ini menampilkan 10 restoran baru, termasuk debut dari Malaysia, yakni Dewakan di urutan 46 dan restoran baru di Filipina, yaitu Toyo Eatery pada urutan ke-43. Dari destinasi tuan rumah Makau, yang patut diperhitungkan adalah Jade Dragon, yang naik delapan peringkat ke-27 dan Wing Lei Palace yang memulai debut di posisi ke-36.

Sementara itu, satu-satunya wakil Indonesia adalah Locavore di Bali yang harus puas menempati no. 42 se-Asia, namun terpilih jadi yang terbaik di dalam negeri. Juga, karena kontribusi memakai bahan-bahan makanan dari petani sekitar, Locavore dianugerahi Penghargaan Restoran Berkelanjutan di Asia.

Penghargaan itu berarti tempat makan di daerah Gianyar ini menempati restoran berperingkat tertinggi dari segi lingkungan dan tanggung jawab sosial, sebagaimana ditentukan mitra audit Food Made Good.

Sementara itu, Jepang jadi wilayah penyumbang restoran paling banyak yang masuk dalam 50 besar dengan 12 entri. Den, menempati posisi tiga, mendapat gelar Restoran Terbaik di Jepang untuk tahun kedua berturut-turut.

Koki Den, Zaiyu Hasegawa, juga ditunjuk sebagai penerima Penghargaan Koki Pilihan, satu-satunya penghargaan yang ditujukan bagi koki dari daftar 50 Restoran Terbaik di Asia tahun 2019.

Sedangkan, Gaggan di Bangkok, yang tahun lalu bertengger di posisi pertama, kini harus bergeser ke nomor 2. Kendati tak lagi jadi restoran terbaik di Asia, Gaggan tetap mempertahankan gelarnya sebagai restoran terbaik di Thailand.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.