Sukses

6 Lelucon April Mop Paling Menghebohkan Sepanjang Sejarah

Mulai dari pasta tumbuh dari pohon, sampai pulau fantasi, berikut deretan lulucon April Mop yang sempat menghebohkan publik.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahunnya, 1 April dikenal dunia sebagai peringatan April Mop atau April Fools' Day. Seperti yang sudah-sudah, hari ini selalu dipergunakan sebagai waktu di mana rentetan ide lelucon akan direalisasikan.

Tradisi yang sudah berlangsung sebegitu lama ini membuat beberapa lelucon tercatat sebagai yang paling menghebohkan sepanjang masa. Berikut beberapa di antaranya sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, Senin (1/4/2019).

Pasta tumbuh di pohon

Pada 1 April 1857, BBC TV menayangkan acara Panorama, di mana dalam salah satu segmennya menampilkan pasta seolah tumbuh di pohon karena kondisi cuaca di Swiss. Padahal, gambar yang ditampilkan ternyata penampakan serangga kecil.

Lantaran dimuat di televisi, cerita ini sempat ramai diperbincangkan dan dipercayai tak sedikit orang. Saking membuat heboh, lelucon ini berada di urutan pertama kabar bohong April Mop di Museum of Hoaxes.

Tisu toilet kidal

Merek tisu toilet, Cottonelle, memperkenalkan tisu toilet yang diperuntukan bagi orang-orang kidal di akun Twitter mereka, 2015 lalu. Kemunculan produk ini sempat dipercaya, bahkan ditunggu tak sedikit konsumen. Melihat respons begitu besar, pihak Cottonelle segera membongkar, kicauan tersebut hanya lelucoan.

Liberty Bell dibeli sebuah restoran

Kembali ke tahun 1996 saat sebuah restoran, Taco Bell, memasang iklan di koran yang mengatakan pihak mereka telah membeli Liberty Bell. Hal ini dilakukan untuk membantu pemasukan negara. Saat itu, pengumuman tersebut bahkan dipercaya Senator Amerika Serikat.

Kebohongan ini ditutup dengan pihak Taco Bell yang mengatakan pengumuman tersebut adalah lelucon April Mop semata dan mendonasikan 50 ribu dolar Amerika atau Rp 711 juta untuk perawatan lonceng tersebut.

Big Ben akan berubah jadi digital

Salah satu ikon kota London, Inggris, nyatanya tak luput dari bahan lelucon. Pada 1980, BBC mengatakan, menara jam legendaris itu akan mengalami pembaruan dalam bentuk digital. Lelucon itu tak berakhir baik sehingga dalam waktu tak sebegitu lama, pihak BBC segera melayangkan permintaan maaf secara resmi.

Gmail Motion

Bahkan perusahan raksasa macam Google pun punya versi lelucon mereka di April Mop. Pada 2011, Google meluncurkan Google Motion, fitur yang dikayakan bisa membuat pengguna mengendalikan Gmail dengan tubuh mereka. Alhasil, segudang orang terjebak membuat mimik wajah lucu di layar mereka untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Pulau Fantasi

Pada 1977, The Guardian menerbitkan tak kurang dari tujuh halaman yang menjabarkan keberadaan sebuah pulau kecil di Samudera Hindia bernama San Serriffe. Sejak terbit, banyak pembaca menelepon untuk mengetahui keberadaan dan informasi lebih detail tentang pulau tersebut.

Sebagian besar dari mereka bahkan mengaku bakal menjadikan pulau yang ternyata semata fantasi belaka itu sebagai destinasi liburan. Padahal, nama pulau yang jadi lelucon April Mop ini diambil dari terminologi mesin cetak.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.