Sukses

Siapa yang Lebih Mudah Jatuh Cinta, Pria atau Perempuan?

Penelitian terbaru yang dilakukan para ahli menemukan jika antara pria dan perempuan, pria lah yang lebih mudah jatuh cinta. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Semua orang pasti pernah merasakan jatuh cinta, yang merupakan momen yang sangat mengesankan. Jatuh cinta juga menjadi momen yang sering kita anggap unik karena datangnya yang secara tiba-tiba, sangat membahagiakan bahkan mengkhawatirkan di waktu yang sama.

Penelitian terbaru yang dilakukan para ahli dan dipublikasikan di Journal of Social Psychology menemukan jika antara pria dan perempuan, pria lah yang lebih mudah jatuh cinta. Benarkah? Seorang psikolog asal Pennsylvania University, Marissa Harrison melakukan penelitian terhadap 172 mahasiswanya.

Ia menemukan jika mereka yang berjenis kelamin pria akan sangat mudah jatuh cinta.  Sejak hari pertama berkenalan, pria akan jatuh cinta pada hitungan minggu. Setelah beberapa minggu berkenalan dengan seorang perempuan, pria sudah berani menyatakan cintanya.

Pria juga akan memantapkan hatinya pada perempuan yang membuat hatinya berbunga-bunga. Penelitian lain yang dilakukan para ahli di Inggris menemukan jika 20 persen pria mengaku jatuh cinta pada pandangan pertama. Pria yang lebih mengutamakan logika dibanding perasaan menjadi alasan kenapa mereka sangat mudah jatuh cinta.

Walaupun sangat mudah jatuh cinta, saat putus atau patah hati, pria butuh waktu cukup lama untuk menyembuhkan rasa sakit hatinya tersebut. Meski umumnya pria akan jatuh cinta lebih cepat, ini tak akan menjamin hubungan asmara yang ia bina bisa bertahan lama.

Penelitian yang dilakukan Ingrid Colins di London Medical Center, Inggris menemukan jika pria yang jatuh cinta lebih cepat bisa saja melupakan cinta tersebut dengan cepat pula. Pria memang cenderung lebih menggebu-gebu saat jatuh cinta, kalau dibandingkan perempuan.

Sayangnya, pria juga lebih mudah kehilangan rasa cintanya. Hal ini berbeda dengan pria yang jatuh cinta secara bertahap dan butuh waktu lama untuk memupuk cintanya tersebut. Pria yang sudah benar-benar jatuh cinta dari hatinya terdalam, ia akan cukup kesulitan melupakan cinta tersebut.

Jika seorang pria benar-benar mencintai dengan tulus, ia sangat setia dan bertahan pada cinta tersebut. Pria memang dikategorikan sebagai pribadi yang lebih mudah jatuh cinta. Tapi tidak sedikit juga perempuan yang mudah jatuh cinta.

Cepat tidaknya seseorang jatuh cinta, melansir dari laman yourtango.com, itu bisa dilatarbelakangi status sosial, lingkungan, status ekonomi dan status pendidikan serta sejenisnya.  (Mimi Rohmitrasih/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.