Sukses

Manfaat Mengonsumsi Selada untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

Selada untuk ibu hamil sangati butuhkan. Berikut manfaat selada untuk ibu hamil.

Liputan6.com, Jakarta - Makanan bergizi untuk ibu yang sedang hamil sangat dibutuhkan demi si buah hati. Salah satunya sayuran hijau utuk memenuhi asam folat.

Sayuran hijau yang mengandung asam folat adalah selada. Meski sebenarnya ibu hamil tak boleh makan makanan mentah, tapi selada sebaiknya dimakan dalam keadaan mentah.

Tak masalah mengonsumsi selada, salkan dicuci dengan bersih dan menyeluruh. Berikut manfaat selada untuk ibu hamil, seperti tulis dalam Fimela.com, Minggu (31/3/2019). 

Mencegah Cacat Lahir

Selada mengandung asam folat tinggi yang mampu mencegah risiko caat lahir pada bayi. Asam folat dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan otak dan sistem saraf sehat pada bayi.

Melancarkan Pencernaan

Seringkali perubahan hormon akan membuat pencernaan terganggu, jadi serat sangat diperlukan. Serat dalam selada mampu membantu melancarkan pencernaan selama hamil. 

Tidur Lebih Nyenyak

Kandungan dalam sayur selada memberikan sinyal pada jaringan saraf otot untuk rileks. Hal itu bisa menginduksi tidur alami dan membantu tidur lebih nyenyak dan cukup selama hamil.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Karena Selada juga mampu menjaga kadar kolesterol, bahkan bisa menurunkannya sehingga bumil tidak berisiko meningkatkan kadar kolesterolnya yang membahayakan kehamilan.

Mengurangi Inflamasi

Selada punya sifat anti inflamasi yang baik sehingga bisa mengurangi bengkak selama masa kehamilan. Sel-sel tubuh cenderung tertekan dan stres selama hamil jadi anti inflamasi sangat dibutuhkan tubuh.

Meningkatkan Sistem Imun

Selada dengan warna hijaunya yang segar memiliki antioksidan yang tinggi sehingga mampu menetralisasi radikal bebas dan menjaga sel-sel sehat. Tingginya antioksidan seakan obat yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Anti Kanker

Selada juga memiliki sifat anti kanker, bisa mencegah kerusakan DNA selama hamil karena antioksidannya yang tinggi. Antioksidan tinggi bisa menjaga sel-sel dari kemungkinan berubah abnormal dan menjadi kanker (Febi Anindya Kirana/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.