Manfaat Temulawak yang Dikonsumsi Jokowi Sebelum Debat Capres

Oleh Putu Elmira pada 30 Mar 2019, 20:55 WIB
Diperbarui 30 Mar 2019, 20:55 WIB
Manfaat Temulawak
Perbesar
Manfaat Temulawak (sumber: pixabay)

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum masuk ke ruangan Debat Capres di Shangri-La Hotel, Jakarta, Sabtu malam, (30/3/2019), Jokowi sempat mengatakan, meminum temulawak di pagi hari adalah salah satu persiapan yang dilakukan. 

Temulawak, bahan yang sering dikonsumsi Jokowi, merupakan rempah yang banyak digunakan untuk kesehatan, kecantikan, maupun bahan makanan. Rempah ini sudah digunakan sejak dulu untuk dibuat minuman tradisional herbal, yaitu jamu. Bagian temulawak yang dipakai untuk diolah ialah akar.

Rasa dan warna oranye yang khas membuat temulawak banyak dikonsumsi masyarakat. Rempah yang banyak tumbuh di Indonesia ini ternyata menyimpan segudang manfaat. Berikut manfaat temulawak yang dirangkum dari drhealthbenefits.com, Sabtu (30/3/2019).

1. Menjaga Fungsi Hati

Kandungan yang ada di dalam temulawak dapat menghasilkan empedu di hati dan merangsang pengosongan kantong empedu.

2. Meringankan Radang Sendi

Di negara asalnya, India, temulawak telah ribuan tahun mengobati dan mencegah peradangan seperti radang sendi. Sebuah penelitian membuktikan bahwa temulawak dapat mengurangi radang sendi tanpa mengalami efek samping.

3. Menurunkan Kolesterol

Ekstrak dalam temulawak dipercaya dapat menurunkan kolesterol. Selain itu, temulawak juga berperan dalam menurunkan lemak darah yang baik untuk kesehatan jantung.

4. Melawan Kanker

Kandungan kurkumin dalam temulawak dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat. Temulawak pun memiliki potensi untuk mencegah perkembangan kanker hormon lainnya.

5. Meringankan Asma

Ajaibnya rempah ini bisa digunakan untuk meringankan gejala asma. Anda cukup menyiapkan temulawak, cuci bersih, kupas, lalu diiris. Rebus dengan lima gelas air dan campur dengan gula aren. Rebus hingga air tinggal setengah dan minum tiga kali sehari.

6. Perawatan Sakit Ginjal

Temulawak bisa dijadikan obat untuk gejala batu ginjal. Anda cukup cuci dan kupas temulawak. Lalu, rebus empat gelas air dan jahe dengan segenggam kumis kucing dan daun mineran. Rebus hingga air tinggal setengah dan minum tiga kali sehari. (Fairuz Fildzah)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini: