Sukses

Variasi Menu Telur untuk Ide Sarapan Praktis nan Sehat

Kehabisan ide menu sarapan? Coba simak deretan sajian telur berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Telur merupakan bahan makanan yang mudah didapat. Selain murah, telur juga sehat, lantaran mengandung protein tinggi, kolin, dan vitamin D yang diperlukan tubuh. Pengolahan mudah juga jadi nilai plus bahan satu ini. 

Ya, Anda bisa melakukan ragam kreasi sajian dengan telur tanpa perlu sebegitu bersusah payah. Karenanya, telur sering kali jadi bahan andalan saat makan pagi. Berikut olahan telur untuk ide sarapan praktis nan sehat yang dirangkum dari berbagai sumber.

Omelete

Cara mengolah telur ini mirip telur dadar. Bedanya, Anda bisa menambahkan ragam bahan lain ke dalam kocokan telur seperti sayuran atau bahkan keju potong. Sayur yang biasanya digunakan adalah wortel dan bawang bombai. Setelah bahan tercampur, tinggal di masak di atas penggorengan.

Poached Egg

Olahan telur satu ini memerlukan panci besar berisi air hampir penuh. Panaskan hingga mulai keluar gelembung kecil. Lalu, masukan garam secukupnya ke dalam air untuk memberi tambahan rasa. Aduk air di dalam panci hingga membentuk gelombang memutar.

Pecahkan telur ke dalam mangkuk, lalu perlahan masukan telur ke dalam putaran air. Tunggu hingga telur mulai terbentuk. Bila sudah, angkat secara perlahan agar bentuknya tetap terjaga. Menariknya, poached egg ini bila dibelah, kuning telurnya akan meleleh.

Scrambled Egg

Satu lagi olahan telur yang super mudah dibuat. Anda cukup menyiapkan teflon dan sedikit minyak. Bila ingin membuat tekstur sajian ini cenderung lembut, masukan telur ketika teflon belum benar-benar panas. Setelah dimasukan, aduk-aduk telur. Lalu, beri bumbu seperti garam, penyedap rasa, dan lada. Mudah, kan? (Fairuz Fildzah)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.