Sukses

6 Barang Unik dan Aneh dengan Sentuhan Emas

Tak hanya dibuat perhiasan, ternyata emas juga bisa menjadi bahan baku pembuatan barang serta makanan. Apa aja ya?

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya dibuat perhiasan, emas ternyata emas banyak digunakan untuk berbagai macam barang mau pun makanan. Harganya yang terus melambung tinggi membuat emas selalu menjadi barang mewah.

Biasanya, emas digunakan sebagai bahan untuk membuat perhiasan seperti cincin dan gelang. Nyatanya, emas dimanfaatkan untuk berbagai benda. Berikut barang unik dan aneh yang terbuat dari emas dilansir dari berbagai sumber.

1. Skin Care

Banyak skin care yang menggunakan emas sebagai bahan aktif. Tulisan emas 24 karat sering membuat konsumen penasaran. Harga emas yang mahal dimasukkan ke dalam produk kecantikan.

Beberapa merek yang menggunakan emas seperti masker wajah, krim anti penuaan, eye treatment, dan minyak wajah. Emas dalam skin care dipercaya untuk melawan penuaan dini, anti inflamasi, dan mencerahkan.

2. Tisu Toilet

Hal unik lainnya yang terbuat dari emas adalah tisu toilet. Tisu tersebut dibuat dengan desain dari pembuatnya, Fritz Loibl. Tisu ini mengandung emas 24 karat itu dijual ke seluruh dunia dengan harga 246 dolar AS atau sekitar Rp 3,5 juta.

3. Lemonade

Sebuah perusahaan bernama Elixia Faustin di Champagnole, Timur Perancis, pernah memproduksi lemonade botolan yang di dalamnya terdapat serpihan emas 24 karat.

Minuman tersebut dibuat atas permintaan pembeli dari Uni Emirat Arab yang mencari minuman premium tak beralkohol.

4. Cokelat Batang

Cokelat merupakan makanan ringan yang bisa Anda temukan di mana-mana dengan harga yang murah. Pada 3 Agustus 2009, terdapat cokelat batang termahal di dunia yang dilapisi emas.

Cokelat tersebut bernama bar cokelat Wispa Gold. Cokelat yang dibuat di Inggris itu dilapisi oleh daun emas yang bisa makan di dibungkus dengan penutup emas. Harga yang dibanderol untuk menikmati cokelat tersebut berkisar 961 Pound sterling atau setara Rp 17,8 juta.

5. Lensa Kontak

Lensa kontak berfungsi untuk membantu penglihatan maupun gaya. Warna dan desain kontak lensa pun beragam.

Pada Agustus 2011, terdapat ahli kacamata di India membuat kontak lensa yang terbuat dari emas. Chanrashekhar Chawan membuat kontak lensa edisi terbatas yang dihargai 15,590 dolar AS atau setara Rp 222 juta per pasang.

6. Es Krim

Es krim Frrrozen Haute Chocolate dibuat oleh Serendipity-3 di New York, Amerika Serikat. Makanan penutup tersebut ditaburi dengan emas 24 karat.

Saat resmi dijual, makanan penutup tersebut mendapat gelar most expensive dessert in the world oleh Guinness World Records. Harga yang ditawarkan mencapai 25 ribu dolar AS atau setara Rp 356 juta untuk sekali makan. Tertarik mencoba? (Fairuz Fildzah)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.