Sukses

5 Cara Simpel Membuat Ruangan Rumah Jadi Lebih Terang

Ada beberapa cara untuk menciptakan cahaya alami di ruangan mana pun di rumah. Salah satunya dengan cermin. Bagaimana caranya?

Liputan6.com, Jakarta - Masalah yang paling umum dari desain rumah adalah pencahayaan buruk. Ruangan gelap sering menimbulkan rasa tertekan dan kesan suram.

Terkadang Anda sudah memakai lampu yang sangat terang, tetapi masih saja ada sudut-sudut di rumah yang terlihat gelap atau kurang terang. Selain estetika yang kurang indah dan terlhat kusam, ruang gelap membuat rumah terkesan lebih sempit.

Sebaliknya, cahaya yang lebih terang akan membuat rumah terkesan lebih luas dan lebar. Ada beberapa cara untuk menciptakan cahaya alami di ruangan mana pun untuk meningkatkan kehangatan ruangan. Tentunya agar terlihat lebih ramah dan menarik.

Keberadaan jendela kadang masih kurang membuat cahaya bisa masuk ke dalam ruangan secara maksimal. Dilansir dari Times of India, 21 Maret 2019, ada lima tips untuk membuat cahaya alami di dalam rumah.

1. Gaya Dekorasi Skandinavia

Anda sebaiknya menggunakan warna-warna tunggal untuk cat maupun dekorasi, contohnya, dominasi warna putih atau abu-abu tenang untuk menata seluruh ruangan. Dengan mengikuti satu tema warna bisa menyatukan semua elemen dan akan membuat ruang terlihat besar dan luas.

2. Menyesuaikan Furnitur

Kalau dekorasi serba putih terasa terlalu berisiko, pilih warna lembut krem atau abu-abu. Lalu gabungkan satu warna itu ke tempat tidur, karpet, tirai, dan bahkan furnitur jika memungkinkan.

3. Tirai yang Tepat

Kalau kamar hanya memiliki satu jendela, Anda bisa menghias jendela di rumah dengan tirai tipis dengan kain alami seperti linen atau katun.

Musim panas atau kemarau akan sangat menyenangkan dengan tirai putih di jendela karena akan memberikan pantulan dari sinar matahari tanpa menghalangi kecerahan. Saat memilih tirai, pastikan memilih pola yang besar karena memberi kesan tenang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Cermin

Cermin atau kaca dengan bingkai yang indah dapat meningkatkan daya tarik kamar. Untuk ruang kecil dengan sedikit atau tanpa cahaya, pantulan cermin akan lebih mencerahkan ruangan.

Disarankan mempatkan cermin menghadap pintu atau jendela untuk mendapatkan pantulan cahaya dan menciptakan kesan ruang yang indah.

5. Dekorasi Logam dan Kaca

Anda bisa menambahkan dekorasi dinding dari logam dan kaca. Ada juga bahan lain yang dapat menambahkan kilau ke tempat yang gelap, yaitu menambahkan logam yang merupakan gaya dekorasi kontemporer.

Meja dengan bingkai logam akan memberi daya tarik era Art Nouveau klasik, dan tentunya membuat ruangan di rumah Anda terasa lebih terang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.