Sukses

Mi Instan dan Bumbunya Sebaiknya Tak Direbus Bersama

Kalau mi instan dan bumbunya direbus bersama akan membahayakan kesehatan, kenapa?

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak suka dengan mi instan? Rasanya ini jadi salah satu makanan paling praktis bagi semua orang. Mi instan juga jadi andalan para perantau dan mereka yang tinggal di rumah kos atau kontrakan.

Mi instan selalu jadi idola semua orang, termasuk para pekerja saat tanggal tua. Cara memasak mi instan memang sangat mudah, tapi sebaiknya selalu mengikuti aturan yang ada di bungkus mi tersebut.

Pada bungkus biasanya tertera bahwa bumbu mi instan sebaiknya dipisah dan diaduk di mangkuk saat mi sudah matang. Ini ternyata ada alasannya.

Selama ini banyak yang mencampur bumbu di panci saat memasak mi. Hal ini ternyata kurang sehat. Bumbu mi instan jika dipanaskan bisa mengalami perubahan struktur kimia yang dapat menyebabkan keracunan ringan.

Jika dimasak dengan minyak sampai dengan suhu yang tinggi, kandungan dalam bumbu ini bisa berpotensi menjadi penyebab kanker.

Karena itu sebaiknya mengikuti aturan masak mi instan. Rebus mi dengan air mendidih, tiriskan, setelah itu baru campur dengan bumbu di tempat terpisah seperti piring atau mangkuk. (Ivana Okta/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.