Sukses

Mengenal Kawasan Wisata di Islandia yang Kabarnya Ditutup Gara-gara Justin Bieber

Keindahan Fjadrargljufur Canyon di Islandia tak bisa dikunjungi wisatawan untuk sementara ini. Benarkah karena Justin Bieber?

Liputan6.com, Jakarta - Pengelola sebuah kawasan wisata biasanya ingin tempatnya didatangi banyak pengunjung. Namun ada juga yang justru membatasi kedatangan pengunjung atau wisatawan, seperti terjadi di Islandia. Apa alasannya dan apa hubungannya dengan penyanyi Justin Bieber?

Ada sejumlah kawasan wisata populer yang harus ditutup karena peningkatan jumlah wisatawan yang datang. Salah satunya adalah Fjadrargljufur Canyon di Islandia Selatan. Tempat ini berlokasi sekitar 70 km di ibu kota Islandia, Reykjavik.

Kawasan wisata berupa ngarai ini sebelumnya tidak terlalu dikenal dan belum 'beredar' di media sosial. Namanya jadi dikenal luas setelah dijadikan lokasi syuting video klip.

Dilansir dari USA Today, Minggu, 24 Maret 2019, keberadaan ngarai atau tebing dengan pemandangan yang sangat indah ini menjadi lokasi syuting video klip untuk single 'I'll Show You' dari Justin Bieber. Sejak tayang di YouTube Vevo pada 2015, video tersebut sudah ditonton lebih dari 440 juta kali.

Fjadrargljufur Canyon memang punya pesona tersendiri. Tempat ini ditanami rerumputan hijau dan sebuah air terjun cantik. Jadi wajar saja kalau banyak orang, termasuk penggemar Justin Bieber, terpesona dan ingin berkunjung ke tempat di Islandia itu.

Jumlah wisatawan yang membeludak sejak 2015 ternyata dinilai mengancam keberlangsungan ekosistem di sekitar Fjadrargljufur. Nama Justin Bieber pun ikut disebut sebagai penyebabnya secara tidak langsung, karena popularitas video klip tersebut.

Demi melindungi ekosistem ngarai agar tidak rusak karena peningkatan pengunjung, pemerintah setempat memutuskan menutup sementara lokasi tersebut sampai 1 Juni 2019.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tujuan Penutupan

Tujuan penutupan Fjadrargljufur Canyon adalah memberi ruang bagi ekosistem agar bisa 'beristirahat' sejenak dari serbuan para turis.  Namun setelah itu, otoritas setempat membantah penutupan itu terjadi karena faktor Justin Bieber, tapi lebih pada masalah keamanan.

Dilansir dari CNN Travel, Senin, 25 Maret 2019, menurut Inga Hlin Palsdottir selaku direktur agensi pariwisata nasional Visit Iceland, penutupan Fjadrargljufur Canyon bukan karena ledakan pengunjung maupun karena video klip suami Hailey Baldiwn tersebut.

"Ini hal yang alami, yaitu tentang kawasan yang seharusnya tidak menjadi sepopuler itu. Kita memang harus membangun infrastruktur yang lebih baik di sana agar bisa mengundang lebih banyak orang untuk datang. Kita membutuhkan jalur yang dapat digunakan sepanjang tahun. Ini bukan hanya karena alam, ini masalah keamanan," terangnya.

Jadi, kalau ingin mengunjungi kawasan wisata di Islandia yang indah, Anda harus menunggu sampai Juni 2019. Sebelum itu, Anda bisa melihatnya di video klip Justin Bieber.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.