Sukses

4 Efek Mengejutkan dari Tidur 8 Jam Sehari, Apa Saja?

Memengaruhi kadar bahagia dan deretan efek baik lain dari tidur selama delapan jam sehari.

Liputan6.com, Jakarta - Tidur jadi salah satu kunci melepas lelah yang paling efektif. Durasi istirahat ini pun sangat memengaruhi banyak hal, mulai dari yang berkenaan dengan segi kesehatan, hingga psikologis.

Karenanya, terdapat anjuran bahwa waktu tidur yang ideal adalah delapan jam sehari. Lantas, apakah Anda telah menjalankan hal tersebut? Jika belum, ada baiknya mengetahui efek-efek baik dari kebiasan satu ini. Simak ulasan selengkapnya seperti dirangkum Fimela.com di bawah ini.

1. Jadi Lebih Bahagia

Tahukah Anda bahwa tidur malam yang terlalu singkat dapat memengaruhi kadar kebahagiaan seseorang? Melansir Boldsky, hal tersebut juga disampaikan dalam sebuah jurnal ilmiah bertajuk Happiness and The Invisible Thread of Social Connection.

2. Membantu Jaga Berat Badan

Kurangnya tidur ternyata dapat menyebabkan obesitas. Bagaimana bisa? Ketika orang tidur kurang dari tujuh jam dalam semalam mempunyai kemungkinan 7,5 kali lebih besar untuk kelebihan berat badan karena faktor hormonal.

3. Kulit Lebih Sehat

Efek selanjutnya adalah kulit lebih sehat. Tak hanya dengan perawatan khusus, tidur yang cukup juga memiliki pengaruh besar. Berdasarkan sebuah artikel di Boldsky, kulit orang-orang yang tidur selama delapan jam sehari dapat pulih lebih cepat dari dampak paparan sinar UV.

4. Lebih Produktif

Tak ketinggalan, salah satu efek baik dari tidur teratur selama delapan jam adalah Anda jadi lebih produktif. Kurangnya kadar tidur dapat membuat Anda merasa lelah berkepanjangan dan sulit fokus. (Fitri Andiani/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.