Sukses

Syarat agar Bahan Makanan Tak Kedaluwarsa

Terdapat sejumlah bahan makanan Indonesia yang tak mengenal kedaluwarsa. Namun, ada syarat yang harus dilakukan. Apa?

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah bahan makanan ternyata tak mengenal kedaluwarsa. Meski ada anggapan bahwa bahan makanan bisa kedaluwarsa.

Bahan makanan pokok orang Indonesia ini bisa bertahan lama. Beras tak punya tanggal kedaluwarsa dan bisa dikonsumsi bahkan setelah bertahun-tahun dibeli.

Namun, ada syaratnya. Beras harus disimpan di tempat yang sejuk dan kering, serta dalam wadah kedap udara. Apa jenis bahan makanan tersebut?

Gula

Semua jenis gula jika disimpan dengan benar akan bisa dipakai dikonsumsi dalam waktu lama. Namun, gula harus disimpan jauh dari lembap dan tungau.

Garam

Selain gula, garam akan tetap awet bila disimpan di tempat yang jauh dari lembap.

Madu

Bahan alami serba guna ini bisa disimpan dalam bentuk murninya. Madu mungkin bisa mengkristal, tapi masih tetap bisa digunakan.

Cuka putih

Bahan yang satu ini juga tak memiliki masa kedaluwarsa. Cuka putih tak mengalami perubahan dan bisa dipakai kapanpun untuk mengawetkan acar dan dressing salad.

Tepung jagung

Tepung yang satu ini juga sangat awet. Anda bisa membelinya dalam jumlah besar dan simpan di tempat yang sejuk dan kering.

Pasta mentah

Pasta juga bisa tahan lama asalkan disimpan dalam wadah kedap udara sehingga tidak lembap.

Kopi

Bahan yang satu ini saat dalam bentuk butiran tetap segar selama disimpan dalam wadah tertutup dan kedap udara. Anda ingin mencoba agar bahan-bahan makanan bisa bertahan lama? (Ivana Okta/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.