Sukses

5 Tips Cepat dan Mudah Membuat Makanan Sehat untuk Pekerja Kantoran

Makan sehat untuk pekerja kantoran bukan lah suatu hal yang mustahil. Berikut tips untuk bekal makan sehat ke kantor yang wajib dicoba!

Liputan6.com, Jakarta - Makan sehat bagi pekerja kantoran bukanlah suatu hal yang mustahil. Bekerja kurang lebih selama sembilan jam membuat pekerja kantoran akan melewatkan makan siang bahkan makan malam di kantor atau luar kantor.

Febi Liana dan Ichil Salam dari @myhealthyfebee membagikan pengalamannya untuk makan sehat bagi pekerja kantoran kepada Liputan6.com dalam acara Pekarangan Sebagai Sumber Makanan di Yayasan Kebun Raya Indonesia, Jakarta Selatan, pada Sabtu, 23 Maret 2019.

Acara tersebut diinisiasi oleh komunitas Kebaya, Kopi, dan Buku yang mendukung agar banyak orang menanam tanamannya sendiri untuk dijadikan bahan masakan.

Febi dan Ichil membuka jasa katering untuk pekerja kantoran maupun orang yang memiliki kebutuhan nutrisi khusus dikarenakan penyakit. Berawal dari 13 orang kantoran yang memesan kateringnya, kini sudah banyak yang mencoba masakan dari dapur mereka.

"Kalo orang kantoran itu biasanya masalah waktu kan. Kita harus siap di prepare," kata Febi.

Febi mengungkapkan cara yang mudah ialah menyiapkan bahan-bahan untuk masak selama satu minggu di akhir pekan. Ia akan mencari menu untuk dimakan selama satu minggu ke depan. Ia pun mengaku menggunakan prinsip tidak memakai pengawet, pewarna, perasa seperti MSG, dan pemanis buatan.

Berikut tips yang dibagikan Febi dan Ichil agar memudahkan pekerja kantoran dalam menyiapkan makanan sehat selama satu minggu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Siapkan Bumbu

Buat bumbu dasar seperti bumbu merah, putih, dan kuning. Lalu, simpanlah di dalam kotak penyimpan dan masukan dalam kulkas.

Bumbu putih terdiri dari bawang merah dan bawang putih. Bumbu kuning terbuat dari bawang merah, bawang putih, kunyit, dan kemiri. Bumbu merah terdiri cabai, bawang merah, bawang putih.

2. Siapkan Sambal

Bila Anda penyuka sambal, tips ini harus dicoba. Buat sambal favorit Anda seperti sambal matah, sambal roa, dan sambal andaliman. Selain itu, Anda juga bisa membuat dressing untuk salad dan bumbu untuk pecel.

3 dari 4 halaman

3. Siapkan Sayur

Pilih sayuran apa saja yang akan dimasak selama satu minggu. Anda bisa cuci dengan air, lalu rendam dengan apple vinegar atau air garam. Bilas lagi sayuran lagi dengan air matang.

Keringkan sayuran dengan menggunakan spinner agar air menghilang atau pastikan sayur benar-benar kering. Setelah kering, masukan ke dalam kotak penyimpanan, taruh di atasnya kain bersih, dan tutup. Terakhir, Anda tinggal masukan ke kulkas.

Setiap pagi, Anda tinggal menyiapkan sayuran yang sudah bersih lalu bisa dimasak dengan bumbu yang sudah dipersiapkan hari-hari sebelumnya.

4. Siapkan Lauk

Anda bisa membuat daging, ayam, dan ikan yang telah dibumbui atau diungkep. Bila sudah masuk hari kerja, Anda tinggal menggoreng dengan sedikit minyak atau dikukus hingga matang.

4 dari 4 halaman

5. Siapkan Nasi

Tips yang satu ini boleh dicoba. Anda bisa membuat nasi dengan porsi banyak. Ukur porsi sesuai banyak makan Anda. Setelah nasi matang, simpan di dalam kulkas. Anda tinggal mengukus nasi sesuai porsi untuk sarapan dan bekal kerja.

"Yang saya alami ketika kerja, kita pagi tuh pilih menu yang favorit. Ketika kita pilih menu yang favorit, udah kebanyak nanti siang makan ini. Nggak pusing lagi," tutup Ichil yang kini masih menjadi pekerja kantoran. (Fairuz Fildzah)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.