Sukses

Tempat Wisata Salatiga dan Sekitarnya yang Hits, Berlibur Bareng Keluarga Yuk!

Wisata Salatiga menawarkan banyak destinasi yang bikin kangen

Liputan6.com, Jakarta Tak bisa dipungkiri jika di Jawa Tengah memiliki banyak tempat wisata. Wisata di Jawa Tengah pun cukup banyak didominasi dengan wisata alam. Tempat wisata alam yang cukup banyak dimiliki salah satunya ialah wisata Salatiga. 

Kota yang berada di kawasan dataran tinggi di Jawa Tengah ini memang cukup terkenal dengan wisata alamnya. Selain itu, wisata Salatiga pun bisa memanjakan mata dan juga membuat rileks pikiran.

Objek wisata Salatiga pun cukup banyak berada di daerah pegunungan. Potensi wisata Salatiga pun sangat menarik, karena letak dari Kota Salatiga ini berada di timur lereng Gunung Merbabu. Selain itu, pada masa Belanda kota ini pun mendapatkan julukan De Schoonste Stad van Midden Java atau bisa dibilang sebagai kota terindah di Jawa Tengah.

Pesona wisata Salatiga ini pun bukan hanya berada di satu wilayah saja, akan tetapi daerah sekitar pun memiliki potensi wisata yang cukup menarik.

Kota yang berbatasan langsung dengan kabupaten Semarang ini memiliki luas wilayah 56,781 km2 dengan 4 kecamatan. Kecamatan yang ada di Salatiga sendiri ialah Argomulyo, Tingkir, Sidomukti dan juga Sidorejo.

Jika berlibur di kota ini tentu saja banyak tempat wisata Salatiga yang bisa kamu kunjungi. Apalagi jika kamu menyukai wisata alam, kamu bisa mengajak saudara ataupun teman untuk mengunjungi berbagai tempat wisata Salatiga.

Sebagai referensi liburan kamu, Liputan6.com pun telah merangkum berbagai tempat wisata Salatiga dan sekitarnya yang bisa kamu kunjungi dari berbagai sumber, Minggu (24/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Atlantic Dreamland

Salah satu tempat wisata Salatiga yang bisa kamu kunjungi ialah Atlantic Dreamland. Tempat wisata ini menjadi salah satu wahana favorit rekreasi bersama keluarga dan juga teman-teman.

Meskipun permainan utama di tempat wisata Salatiga ini ialah bermain dengan air, akan tetapi banyak pula wahana wisata yang bisa kamu nikmati di Atlantic Dreamland ini. Bukan hanya berenang atau bermain water toys, waterboom serta water balls saja loh, kamu pun bisa bermain jet coaster, flying fox, ATV dan lain sebagainya.

Temapat wisata Salatiga ini cukup terkenal dan ramai dikunjungi, terutama pada musim liburan datang. Berlokasi di jalan Soekarno-Hatta, Isep-isep Salatiga ini memiliki konsep yang hampir sama dengan tempat wisata Ancol yang ada di Jakarta.

Menariknya jika kamu berkunjung ke tempat wisata Salatiga satu ini ialah, kamu hanya perlu membeli tiket terusan seharga Rp 40 ribu saja. Namun jika kamu tak ingin memainkan semua wahana, kamu bisa juga membeli tiket sesuai dengan wahana yang kamu inginkan.

3 dari 5 halaman

2. Rawa Pening

Wisata Salatiga yang cukup terkenal ialah wisata di Rawa Pening. Seperti namanya, objek wisata ini memang memanfaatkan rawa untuk dijadikan tempat wisata. Tempat wisata Rawa Pening ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah dengan hawa yang sejuk.

Kamu juga bisa bersantai dan menikmati kuliner yang ada disekitaran tempat wisata ini. Lokasi tempat wisata ini pun masuk di tiga wilayah yaitu, Salatiga, Ambarawa dan juga Ungaran.

Kamu tidak hanya bisa bersantai menikmati kuliner dan juga pemandangan yang ada loh. Akan tetapi di lokasi wisata ini pun tersedia berbagai wahana wisata yang bisa kamu coba. Kamu bisa bersepada air, ataupun berenang bahkan juga kamu bisa berkuda di tempat wisata Salatiga ini.

4 dari 5 halaman

3. Wisata Kawasan Kopeng

Terletak di lereng gunung, tempat wisata ini pun bisa dibilang mirip dengan wisata di Lembang, Bandung, Jawa Barat. Untuk menuju ke kawasan wisata Kopeng ini, kamu perlu menempuh jarak 8 kilometer dari kota Salatiga.

Memasuki kawasan wisata kopeng ini kamu akan disambut dengan udara yang bersih dan juga sejuk. Hal ini karena lokasi wisata Kopeng termasuk dalam kawasan pedesaan yang masih asri.

Berbagai aktivitas pun bisa kamu lakukan jika berlibur di kawasan wisata Kopeng ini loh. Kamu bisa membuat tenda atau camping bahkan outbound di di tempat wisata ini. Selain itu, kamu juga bisa berkeliling desa dan juga hutan pinus dengan kuda sewaan.

5 dari 5 halaman

4. Gunung Merbabu

Suka mengisi liburan mengan mendaki gunung? Ini salah satu lokasi favorit para pendaki, Gunung Merbabu. Gunung Merbabu sendiri merupak salah satu gunung indah yang di miliki Indonesia. Pemandangan yang mengagumkan saat trekking di Gunung Merbabu ini menjadi salah satu alasan Merbabu menjadi gunung favorit.

Jika kamu telah berhasil mendaki hingga ke puncak gunung, maka kamu pun bisa melihat pemandangan lampu di Salatiga. Selain itu, kawasan Rawa Pening, Ungaran dan juga Semarang pun bisa kamu lihat dari puncak Gunung Merbabu ini. 

Bukan hanya keindahan kota saja yang bisa kamu lihat. Akan tetapi kamu juga bisa melihat kemegahan dari Gunung Merapi saat berada di puncak Gunung Merbabu. Salah satu loaksi yang cukup terkenal di Gunung Merbabu ini ialah bukit Teletubbies. Bahkan keindahan bukit ini semakin jelas kamu lihat di pagi hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini