Sukses

Kenapa Generasi Milenial Banyak yang Menunda Menikah?

Ada banyak hal yang membuat kaum milineal memilih menunda pernikahan. Salah satunya untuk menghindari perceraian. Lalu, apa lagi?

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan merupakan momen yang sangat mengesankan buat semua orang. Saat menikah, tidak sedikit orang yang berharap dirinya bisa lebih bahagia dan menjadi pribadi yang lebih dewasa.

Dengan menikah, seseorang juga berharap ia bisa menjadi pribadi yang lebih bijaksana dalam mencintai pun dicintai. Namun bicara mengenai pernikahan, saat ini banyak orang yang menunda menikah.

Dilansir dari laman elitedaily.com, ada banyak generasi milineal atau generasi Y yang memilih menunda pernikahannya. Para ahli menyebutkan pernikahan bukan lagi prioritas utama kalangan muda milenial usia 20an.

Studi yang dilakukan Pew Research menemukan bahwa sedikitnya ada 26 persen generasi milenial yang menunda pernikahan. Menurut penelitian, hampir 70 persen pemuda milenial masih lanjang atau tidak terlalu memikirkan kisah percintaan di hidupnya.

Ada banyak hal yang menjadi alasan kaum milineal memilih menunda pernikahan. Hal tersebut mulai dari karir, faktor ekonomi, menghindari perceraian sampai memilih untuk hidup dalam kebebasan sebelum benar-benar memutuskan untuk membina rumah tangga.

Generasi milenial akan lebih fokus ke pendidikan juga karirnya, sebelum memutuskan untuk menikah. Dengan terlalu fokus atau sibuk meraih pendidikan terbaik dan mencapai karir tertinggi, sebagian besar generasi milenial lupa untuk fokus pada kisah cinta atau asmaranya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menunggu Orang yang Tepat

Generasi milenial sekarang ini juga cenderung punya banyak teman, kenal banyak orang dan punya banyak hiburan sehingga tak akan membuatnya merasa kesepian meski statusnya single atau jomblo.

Studi lain yang dilakukan Gallup menyebutkan kalau pernikahan masih menjadi hal yang dianggap penting kaum milenial. Namun, mereka masih menundanya dengan alasan menunggu bertemu orang yang benar-benar tepat.

Generasi milenial akan menikah saat ia telah siap secara fisik, mental dan juga finansial yang stabil. Lalu, apakah Anda termasuk generasi yang juga menunda pernikahan atau tidak?  (Mimi Rohmitriasih/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.