Sukses

6 Fakta Menarik Under, Restoran Bawah Laut Terbesar di Dunia

Pernahkah Anda membayangkan makan di bawah laut sembari melihat ikan-ikan berlalu lalang tanpa harus basah-basahan?

Liputan6.com, Jakarta Makan bisa di mana saja asalkan tidak mengganggu aktivitas orang lain. Namun, pernahkah Anda membayangkan makan di bawah laut sambil melihat ikan-ikan berlalu lalang tanpa harus basah-basahan?

Dahulu, mungkin keadaan ini hanya menjadi angan-angan semata. Nyatanya, sebuah perusahaan ternama di Norwegia, yaitu Snohetta berhasil mewujudkan angan-angan tersebut. Sebuah restoran yang diberi nama Under secara resmi akan dibuka pada awal bulan April 2019.

Sementara itu, Under telah dibuka khusus untuk keluarga serta sahabat pemilik restoran pada hari Rabu, (20/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Keunikan Restoran Under

Restoran Under terbilang sangat unik karena konsep yang diusungnya. Bagaimana tidak, jika biasanya restoran dibangun di atas tanah atau di atas kolam, Snohetta justru menciptakan restoran bawah laut yang tentu saja dikelilingi oleh hamparan lautan.

"Ini lebih dari akuarium. Strukturnya seperti periskop miring, sebagian di darat dan sebagian di bawah permukaan laut. Anda bisa menyaksikan pemandangan dasar laut di sini sambil bersantap," tulis Snohetta di website mereka.

Pada saat awal pembangunannya tahun 2018 silam, sekilas bangunan restoran terlihat seperti batu raksasa yang terdampar di tepi laut. Namun, akhir bulan Maret 2019 ini, restoran unik tersebut mulai mendapat perhatian karena telah selesai dibangun.

Berada 5 meter di bawah laut, pengunjung restoran Under akan dimanjakan dengan pemandangan lautan yang memukau. Dikutip Liputan6.com dari situs visitnorway.com, Kamis (21/3/2019), Gaute Ubostad selaku salah satu penemu restoran ini mengungkapkan, “Kami akan menarik perhatian wisatawan dari berbagai belahan dunia. Itulah tujuan kami.”

3 dari 5 halaman

6 Fakta Menarik Restoran Under

Banyak fakta menarik mengenai restoran Under yang sayang jika dilewatkan. Untuk itu, berikut Liputan6.com sajikan 6 fakta menarik Under yang mendapat predikat restoran bawah laut terbesar di dunia, seperti yang dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (21/3/2019).

1. Restoran bawah laut pertama dan terbesar di dunia

Under dibangun untuk menampung pengunjung dengan kapasitas sebanyak 100 tamu. Pada malam biasa, Under disiapkan untuk 40 tamu saja. Di Eropa sendiri, Under adalah restoran bawah laut pertama yang pernah dibangun.

2. Transportasi yang mudah untuk wisatawan

Under berlokasi di Lindesnes, tepatnya di laut Skagerrak, Spangereid, Norwegia Selatan. Restoran ini terletak di antara dua kota yaitu Kristiansand dan Stavanger. Jika tertarik mengunjungi restoran ini, Anda tidak perlu khawatir memikirkan transportasi.

Dua kota tersebut memiliki bandara dengan penerbangan nasional maupun internasional. Bahkan, Anda bisa naik kapal Feri dari Denmark. Selain itu, Anda juga bisa memilih kereta api jika datang dari Oslo.

4 dari 5 halaman

6 Fakta Menarik Restoran Under

3. Panorama yang ciamik

Karena terletak di bawah laut, restoran Under dihiasi dengan nuansa warna air laut yaitu hijau kebiru-biruan. Pengunjung tidak perlu takut karena struktur bangunannya dibuat dengan bahan yang kuat sehingga akan mampu menahan beban serta air laut yang bersifat mengikis.

Selain itu, desain dinding dibuat dengan kaca sehingga pengunjung bisa melihat pemandangan di bawah laut yang pastinya membuat betah. Apalagi, pengunjung tidak perlu berganti pakaian khusus menyelam dan tidak akan basah sama sekali. Jenis ikan yang bisa dilihat misalnya ikan pollack dan cod, wrasses warna-warni, bulu babi, kepiting, lobster, serta dogfish berduri.

4. Menyediakan penelitian lingkungan

Tak hanya untuk restoran, Under juga diperuntukkan bagi mereka yang tertarik meneliti lingkungan di bawah laut. Penelitiannya difokuskan untuk mengembangkan pengetahuan mengenai kelautan.

5 dari 5 halaman

6 Fakta Menarik Restoran Under

5. Menu makanan beragam

Restoran buatan perusahaan Snohetta ini tidak hanya menawarkan panorama yang ciamik saja. Under menyediakan hidangan nikmat yang disajikan dengan komposisi yang bergizi. Meski terletak di bawah laut, pengunjung juga bisa menikmati menu makanan umum seperti daging burung, kambing, dan berbagai macam menu lainnya.

Kepala koki Under, Nicolai Ellitsgaard Pedersen mengatakan bahwa ia akan memastikan setiap hidangan yang disajikan akan memuaskan ekspektasi pengunjung restoran.

6. Akomodasi terjangkau

Wisatawan yang hendak mengunjungi restoran Under tidak perlu repot-repot mencari akomodasi yang tepat. Pasalnya, wisatawan akan mendapatkan pengalaman indah jika berkunjung ke wilayah Lindesnes.

Gaute Ubostad berusaha membuat restoran Under memberikan kesan yang baik bagi pengunjungnya. Terlebih lagi, dia menargetkan wisatawan mancanegara yang datang jauh-jauh untuk merasakan keindahan Under. Selain akomodasi yang terjangkau, terdapat destinasi wisata lain yang dijamin membuat wisatawan merasa puas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.