7 Paket Wisata Pulau Seribu, Bisa Nikmati Keindahan Bawah Laut

Oleh Nisa Mutia Sari pada 21 Mar 2019, 17:20 WIB
Diperbarui 21 Mar 2019, 17:20 WIB
Paket Wisata Pulau Seribu
Perbesar
(Sumber: iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Wisata Pulau Seribu merupakan salah satu paket wisata yang banyak diminati oleh masyarakat. Pulau Seribu ini terdiri dari ratusan pulau yang tersebar di teluk Jakarta.

Sebanyak 36 pulau di antaranya, dikembangkan menjadi destinasi wisata. Namun hanya 13 pulau saja yang berkembang secara sempurna. Walaupun demikian, paket wisata Pulau Seribu ini tidak pernah sepi peminat.

Buat wisatawan yang berasal dari luar Jakarta, Anda bisa menikmati serangkaian indahnya alam Pulau Seribu dengan menggunakan transportasi umum Bandara Soekarno Hatta. Setelah itu perlu menuju ke dermaga atau pelabuhan terdekat.

Untuk lebih mudahnya, Anda bisa memilih paket wisata yang dilengkapi dengan akomodasi untuk mengantar hingga ke dermaga atau langsung menuju Pulau Seribu. Nah sebelum menuju ke sana, ada baiknya Anda mengenal sedikit seputar paket wisata Pulau Seribu. Agar Anda dapat menentukan lokasi atau tempat mana saja yang ingin dikunjungi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, paket wisata Pulau Seribu yang wajib dikunjungi, Kamis (21/3/2019).

2 dari 6 halaman

Mengenal Sekilas Tentang Pulau Seribu

Paket Wisata Pulau Seribu
Perbesar
Pulau Harapan di Kepulaian Seribu. (dok.Instagram @olik_pulauharapan/https://www.instagram.com/p/BrcAW0phMyy/Henry

Pulau Seribu ini memiliki luas sebesar 107 hektare. Dari beberapa pulau yang ada, Pulau Pramuka dijadikan sebagai pusat pemerintahan dan admistrasinya.

Di wilayah ini terdapat kurang lebih 342 jenis terumbu karang yang hidup. Untuk menikmati seluruh keindahan terumbu karang di sini, Anda bisa menggunakan paket hemat Pulau Seribu.

Pulau ini didominasi oleh perairan. Oleh karena itu, saat Anda berkunjung ke sini akan banyak menjumpai tanaman seperti cemara laut, mangrove, dan kelapa sawit.

Sedangkan untuk kekayaan lautnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Kekayaan laut Pulau Seribu memang menjadi salah satu daya tarik yang digunakan masyarakat untuk menarik wisatawan.

Jadi Anda tak perlu kesulitan untuk menuju ke sana. Karena sudah terdapat banyak paket wisata Pulau Seribu yang tersedia.

3 dari 6 halaman

Paket Wisata Pulau Seribu Favorit dan Populer

Liputan 6 default 4
Perbesar
Ilustraasi foto Liputan 6

1. Pulau Pari

Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu berlibur, destinasi pertama yang wajib dikunjungi dalam paket wisata Pulau Seribu adalah Pulau Pari. Pulau ini memiliki hamparan pasir pantai yang putih bersih dan lembut. Makin lengkap dengan air lautnya yang sangat bening, sehingga Anda bisa melihat kehidupan di bawah laut tanpa perlu menyelam.

Pulau Pari ini merupakan wisata andalan saat berkunjung ke Pulau Seribu. Tak hanya pantainya yang memukau, pulau ini juga digunakan sebagai tempat budidaya rumput laut.

2. Pulau Tidung

Selain Pulau Pari, ada juga tempat yang paling favorit dan paling banyak disinggahi wisatawan saaat datang ke Pulau Seribu ini. Ya, Anda harus singgah ke Pulau Tidung. Pulau ini memiliki objek yang terkenal, yaitu jembatan yang disebut dengan jembatan cinta.

Jembatan ini menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Tak hanya sebagai penghubung, jembatan ini juga biasanya digunakan oleh wisatawan untuk menguji adrenalin. Ya, Anda bisa melompat ke laut dari ketinggian sekitar 5-6 meter.

4 dari 6 halaman

Paket Wisata Pulau Seribu Aneka Budidaya Ikan dan Satwa Langka

3. Pulau Pramuka

Pulau ini juga wajib Anda masukkan ke dalam daftar kunjungan pada paket wisata Pulau Seribu. Di sini Anda tak hanya menikmati keindahan bawah lautnya saja, melainkan juga bisa melihat penangkaran salah satu satwa langka yang dilindungi, yaitu penyu sisik.

Di sini Anda juga bisa melihat beberapa budidaya aneka jenis ikan. Ya, Anda bisa melihat beberapa budidaya seperti ikan bawal, bandeng, kerapu, hingga hiu. Buat yang hobi memancing, tempat ini menjadi lokasi yang paling tepat untuk menyalurkan hobi Anda.

4. Pulau Pantara

Selain menyelam dan melihat budidaya beraneka ragam ikan, Anda juga bisa melakukan snorkeling di Pulau Seribu. Ya, dari semua pulau yang menjadi gugusan Kepulauan Seribu, Pulau Pantara menjadi pilihan favorit wisatawan untuk melakukan snorkeling.

Paket wisata Pulau Seribu ini menawarkan keindahan pantai yang tak kalah dengan Lombok. Jadi, tak perlu jauh-jauh pergi ke Lombok untuk mendapatkan keindahan pantai. Cukup dengan memasukkan ke dalam list paket wisata Pulau Seribu dan mengunjungi Pulau Pantara ini, Anda sudah bisa menikmati indahnya pantai seperti di Lombok.

5 dari 6 halaman

Paket Wisata Pulau Seribu yang Masih Jarang Pengunjung

5. Pulau Bira

Nah, kalau paket wisata Pulau Seribu yang satu ini masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Jadi tak heran, saat Anda mencoba ke sini akan mendapati nuansa alami dan tempatnya yang masih sangat terjaga.

Namun untuk datang ke pulau ini, Anda perlu berjuang terlebih dahulu dengan menempuh perjalanan yang lumayan panjang. Tapi segala usaha Anda untuk menuju ke pulau ini akan terbalaskan dengan indahnya alam di Pulau Bira.

Di sini Anda bisa melihat keindahan alam bawah laut dengan cara snorkeling dan diving. Bahkan hanya dengan duduk di tepian dermaga, Anda sudah bisa menikmati indahnya koral dan terumbu karang.

6 dari 6 halaman

Paket Wisata Pulau Seribu Sambil Belajar Sejarah

Paket Wisata Pulau Seribu
Perbesar
Paket Wisata Pulau Seribu (Liputan6.com/ pool/ Ancol)

6. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari merupakan pulau yang letaknya paling dekat dengan daratan Jakarta. Jaraknya hanya sekitar 15 kilometer, sehingga wisatawan yang datang ke pulau ini masih bisa melihat gedung-gedung bertingkat yang terlihat seperti miniatur dari kejauhan.

Pulau ini memiliki cerita sejarah panjang yang ternyata sudah dimulai sejak zaman kerajaan dahulu kala. Konon, Pangeran Jayakarta dulunya sering menggunakan pulau ini untuk tempat berlibur bersama para anggota kerajaan lainnya.

7. Pulau Onrust

Letaknya tak jauh dari Pulau Bidadari, Pulau Onrust ini juga sangat kental dengan nuansa peninggalan sejarah zaman dahulu kala. Pada masa penjajahan Belanda, pulau ini digunakan untuk persinggahan kapal kompeni Belanda sebelum akhirnya berlabuh di pelabuhan Sunda Kelapa. Jadi, saat Anda berkunjung ke sini, tak heran kalau banyak menemui situs kuno peninggalan Belanda.

Tak hanya menikmati indah alam laut saja, di sini Anda juga bisa sekaligus belajar sejarah dengan wisata edukasi di museum. Pengunjung juga bisa berjalan berkeliling pulau dan melihat banyak peninggalan Belanda lainnya seperti benteng dan pelabuhan kuno.

Lanjutkan Membaca ↓