Jenis Jaket Pria yang Populer di Tahun 2019, Bikin Penampilan Makin Keren

Oleh Heri Setiawan pada 19 Mar 2019, 11:30 WIB
Diperbarui 19 Mar 2019, 12:17 WIB
Jenis Jaket Pria

Liputan6.com, Jakarta Jaket adalah salah satu busana fashion yang pasti dimiliki oleh setiap orang, karena memang pada dasarnya jaket berfungsi sebagai pelingdung tubuh dari cuaca yang dingin. Kata jaket atau dalam bahasa Inggrisnya adalah “jacket” berasal dari kata dalam bahasa Perancis yaitu “jaquette.” Istilah ini datang dari era Perancis Pertengahan yaitu dari kata benda “jaquet” yang merujuk pada tunik yang kecil atau ringan.

Di sisi lain jaket juga menjadi penunjang gaya fashion yang sangat populer saat ini. Jaket tidak hanya dijadikan salah satu pelengkap fashion wanita, namun jaket juga dijadikan busana fashion pria. Saking banyaknya jenis jaket yang muncul, enggak jarang kita sendiri mungkin bingung dengan model, bentuk, hingga nama jenis jaket yang bermunculan.

Untuk pria sendiri ada beberapa jenis jaket yang biasa dipakai dan sering digunakan dalam kegiatan serta aktivitas sehari-hari. Ada banyak ragam jenis jaket pria saat ini, berikut liputan6.com rangkum, Jumat (15/3/2019) dari berbagai sumber jenis jaket pria yang populer dan sering digunakan di tahun 2019.

2 dari 3 halaman

Jenis Jaket Pria

1. Jaket kulit bomber

 

Jenis Jaket Pria
Jenis Jaket Pria (sumber: iStock)

Jaket kulit ini memiliki bentuk pinggang yang panjang dengan kain lapisan dalam yang lembut. Biasanya, lapisan dalam digunakan juga pada pinggiran kerah. Ukuran pinggang dan lengan terkadang dibuat sedikit kecil dengan tujuan untuk menyesuaikan jaket pada badan si pengguna. Jika kamu membutuhkan jenis jaket pria yang hangat di musim dingin, bomber flight bisa menjadi alternatif yang tepat.

2. Jaket motor

 

Jenis Jaket Pria (sumber: iStock)
Jenis Jaket Pria (sumber: iStock)

Sama seperti dengan bomber, jaket motor ini juga terbuat dari bahan kulit. Jaket ini biasanya digunakan oleh pria yang suka berkendara menggunakan motor. Jaket yang biasa digunakan pengendara motor diantaranya ada jaket motor double rider dan jaket motor racer. Jenis jaket pria double rider merupakan jaket kulit jenis yang memiliki kerah dan cenderung lebar dengan gaya penutup yang rapat. Tak heran, jika jenis jaket kulit ini menjadi pilihan para pengendara sepeda motor dan bahkan menjadi identik dengan mereka.

Sedangkan jenis jaket pria racer, merupakan jaket kulit yang lebih dikenal dengan sebutan jaket motorcross atau jaket racer. Bentuk jaket kulit ini tergolong netral karena bentuknya yang sederhana dengan corak dan warna alami bahan kulit yang polos. Jaket ini sangat sesuai untuk gaya yang tidak menyukai gaya mencolok.

3. Jaket parka

 

Jenis Jaket Pria (sumber: iStock)
Jenis Jaket Pria (sumber: iStock)

Jenis jaket pria yang satu ini konon katanya berasal dari orang-orang Inuit atau Eskimo untuk melindungi tubuh mereka dari hawa dingin yang ekstrem. Potongannya yang nyaman dan hoodie atau tudung berbulu menjadi populer di kalangan militer Amerika Serikat pada tahun 50an sebelum variasi ekor ikan selama Perang Korea.

Sedangkan untuk di Indonesia jaket ini baru booming beberapa tahun belakangan ini dan sudah banyak sekali digunakan dan dipakai oleh pria serta anak muda zaman sekarang. Seiring perkembangannya jaket parka saat ini didesain lebih tahan air dan apik ketika dipadupadankan dengan busana kasual lainnya seperti celana jeans dan sepatu trainer.

3 dari 3 halaman

Jaket Pria yang populer

4. Jaket Bomber

Jenis Jaket Pria (sumber: iStock)
Jenis Jaket Pria (sumber: iStock)

Memiliki nama lain “flight jacket”, jenis jaket pria ini awalnya dipakai oleh para pilot dan menjadi tren fashion remaja di tahun 1970an. Bahkan di tahun 1990an, jaket ini kembali menjadi trend karena digunakan oleh para penyanyi dan musisi hip hop. Jaket ini memiliki ciri khas berbentuk bulky atau gemuk, dilengkapi dengan risleting dan saku yang berada di kedua sisinya.

Jaket bomber ini belum lama ini sempat viral dan booming di Indonesia. Bagaimana tidak, sosok Presiden Indonesia, Joko Widodo saat itu juga ikut mengenakan jaket bomber warna hijau lumut di sela-sela kesibukannya. Ciri lain cukup khas dari jaket bomber adalah adanya semacam kantong di bagian depan sisi kanan dan kiri bagian jaket dan peletakan kantong umumnya dengan posisi menyerong atau diagonal.

5. Jaket Varsity

Jenis Jaket Pria (sumber: iStock)
Jenis Jaket Pria (sumber: iStock)

Jaket varsity sebenarnya berasal dari jaket yang dikenakan oleh para mahasiswa universitas Harvard yang tergabung dalam tim football di tahun 1865. Jenis jaket pria tersebut merupakan simbol kebanggaan mereka sebagai mahasiswa kampus bergengsi di dunia ini.

Ciri khas dari jenis jaket pria ini adalah huruf yang dibordir pada bagian dada kiri. Bahkan ini dapat menjadi inisial pemiliknya. Tidak hanya digunakan remaja di luar negeri saja, jenis jaket ini juga telah menjadi trend di kalangan remaja Indonesia.

6. Jaket Windbreaker

Jenis Jaket Pria (sumber: iStock)
Jenis Jaket Pria (sumber: iStock)

Jenis jaket pria ini mungkin jarang dikenal oleh pria di Indonesia, tapi sebenarnya jaket ini sudah banyak digunakan oleh pria di di Indonesia. Jaket ini memiliki ciri khas karet di pergelangan tangannya, memiliki hoodie dan kerah sehingga cocok bagi yang sering menghabiskan waktu di daerah yang berhawa dingin atau para pengendara motor.

Jaket ini didesain secara khusus sehingga mampu menjaga suhu tubuh tetap normal dan merasa hangat meskipun kondisi cuaca sedang tidak bersahabat atau kondisi cuaca yang ekstrem seperti angin besar hingga suhu yang dingin. Namun, jaket ini juga sering menjadi alternatif karena harganya yang murah.

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Begini Cara Tangkap Ular Cobra dengan Galon Air Mineral