Sulitkah Mencari Makanan Halal di Selandia Baru?

Oleh Putu Elmira pada 18 Mar 2019, 20:45 WIB
Diperbarui 18 Mar 2019, 20:45 WIB
Ilustrasi Makanan Halal
Perbesar
Ilustrasi makanan halal (dok. Pixabay.com/rawpixel/Putu Elmira)

Liputan6.com, Jakarta - Bila Anda seorang Muslim yang ingin melancong ke luar negeri, makanan halal tentu menjadi pertimbangan. Selandia Baru, negara yang terkenal dengan pemandangan gunung serta pantainya yang indah dapat menjadi pilihan untuk beribur bersama orang-orang terkasih.

Meski hanya satu persen dari penduduk Selandia Baru yang beragama Muslim, Anda dapat menemukan deretan toko kelontong, toko daging, restoran, hingga toko roti halal di negara yang populer dengan burung Kiwi tersebut.

Melansir halaltournz.com, Senin, (18/3/2019), terdapat 219 restoran halal dan vegetarian, tiga toko roti halal, 65 toko daging, ikan, serta kelontong yang tersebar di penjuru Selandia Baru.

Terdapat tiga panduan di laman ini yang memberikan gambaran mengenai banyaknya pilihan makanan halal yang tersedia. Sebut saja outlet halal yang mendapatkan sertifikat dari Islamic Associations of New Zealand (FIANZ), outlet yang dimiliki oleh Muslim, serta restoran vegetarian.

Di Kota Auckland sendiri, terdapat 109 restoran halal dan vegetarian yang dapat mejadi pilihan. Bila ingin melihat set film "The Hobbit", Anda bisa datang ke Hamilton yang dinobatkan menjadi kota ramah Muslim.

Selain itu, ada beragam toko daging yang telah mengantongi sertifikat FIANZ yakni Khans Halal Butchery, Khan's Halal Meats, Mohammed’s Halal Meats Retail Shop serta beberapa toko yang dimiliki oleh Muslim yakni Auckland Halal Meats, Avondale Halal Meats, Fresh Cut Meat, dan lainnya.

Sedangkan untuk restoran bersertifikat FIANZ di Central Auckland, Selandia Baru meliputi Chefs Halal Fried Chicken Ltd dan Bawarchi. Restoran yang dimiliki oleh Muslim lebih banyak lagi seperti Tasty Kebab Ltd, Ayytthaya Thai Food, Celine Mediterranean Cuisine, dan masih banyak lagi. (Fairuz Fildzah)

Saksikan video pilihan di bawah ini: