Ma'ruf Amin: Kami Akan Membangun Opera Seperti yang Ada di Sydney

Oleh Asnida Riani pada 17 Mar 2019, 22:15 WIB
Debat Cawapres

Liputan6.com, Jakarta - Sosial dan budaya jadi salah satu tema yang dibahas dalam Debat Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang berlangsung Minggu malam, (17/3/2019), di Hotel Sultan, Jakarta. Kedua cawapres, Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno, memiliki gagasan berbeda di bidang ini.

Dalam pernyataannya, capres nomor urut 01, Ma'ruf Amin menyebut, guna menghindari disorientasi budaya, pihaknya akan membangun gedung opera bak yang ada di Sydney, Australia. Di samping, penyelenggaraan festival budaya di berbagai belahan dunia untuk memperkenalkan kekayaan Indonesia.

"Kami akan mengoptimalkan pelestarian budaya, globalisasi budaya ke dunia luar supaya lebih berkembang," tuturnya. Ia menambahkan, seperti di bidang riset dan pendidikan, seni, juga budaya akan memiliki dana abadi.

Sementara, Sandiaga Uno beranggapan, sekarang memang masih kurang anggaran dan infrastruktur di bidang sosial-budaya. "Tapi, coba kita lihat ke kemitraan," tutur lelaki 49 tahun tersebut.

Sandiaga menyebut, pihaknya juga akan membentuk kurikulum yang mengarahkan minat, terutama anak muda, untuk mencintai kebudayaan. Masalah di bidang in, menurut Sandiaga, tak hanya soal anggaran.

"Budaya tercermin dari potensi pariwisata. Kami tidak hanya akan melestarikan, tapi juga menciptakan letupan ekomoni dengan membuka lapangan kerja untuk anak muda," tutup Sandiaga Uno di Debat Cawapres.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Viral, Bocah Bikin Tutorial Alis Pakai Sendok