Sukses

Jenis Pasta Italia yang Populer di Indonesia, Kenali Perbedaan dan Cara Mengolahnya

Ada beragam jenis pasta Italia yang digemari masyarakat Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Pasta merupakan kuliner khas Italia yang begitu mendunia. Pasta sudah menjadi makanan favorit tak hanya warga Italia, tapi juga orang diseluruh dunia.

Pasta sendiri berasal dari bahasa Italia "pasta alimentare" yang berarti adonan bahan makanan. Pasta dibuat dari tepung terigu semolina. Terigu ini merupakan hasil gilingan biji gandum durum dicampur telur sehingga sedikit berwarna kuning cerah. Ketika dimasak dengan benar pasta akan menghasilkan tekstur sedikit kenyal.

Beberapa pasta dibuat menggunakan tepung beras atau kacang-kacangan seperti kacang hitam atau lentil sebagai pengganti tepung gandum untuk menghasilkan rasa dan tekstur yang berbeda, atau bagi mereka yang perlu menghindari produk yang mengandung gluten.

Di negeri asalnya sendiri pasta memiliki ratusan jenis dan diprediksi akan terus bertambah seiring peradaban manusia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Pasta

Pasta adalah makanan pokok dari ragam kudapan Italia. Pasta pertama kali disebutkan pada tahun 1154 di Sisilia. Pasta dibagi menjadi dua kategori umum yaitu pasta kering (pasta secca) dan pasta segar (pasta fresca).

Kebanyakan pasta kering diproduksi secara komersial melalui proses ekstrusi, yaitu dengan mendorong keluar adonan pasta melalui lubang-lubang saringan sebuah mesin. Sementara pasta segar secara tradisional diproduksi dengan tangan, kadang juga dengan bantuan mesin sederhanaPasta segar yang tersedia di toko grosir diproduksi secara komersial oleh mesin skala besar.

Di Italia, nama-nama bentuk atau jenis pasta tertentu sering berbeda di setiap tempat. Misalnya, pasta bentuk cavatelli dikenal dengan 28 nama berbeda tergantung kota dan wilayah.

Sebagai kategori dalam masakan Italia, baik pasta segar maupun kering secara klasik digunakan dalam satu dari tiga jenis hidangan yaitu :

· Pasta asciutta (atau pastasciutta) yaitu pasta yang dimasak berlapis dan disajikan dengan saus atau bumbu tambahan;

· Pasta in brodo, di mana pasta dicampur sebagai olahan sup dan bagian dari hidangan jenis sup.

· Pasta al forno, di mana pasta dimasukkan ke dalam hidangan yang kemudian dipanggang dalam oven.

Hidangan pasta pada umumnya sederhana, tetapi tiap olahan pasta bervariasi dalam penyajiannya. Beberapa hidangan pasta disajikan sebagai hidangan kecil atau untuk makan siang ringan, seperti salad pasta. Hidangan lain yang mungkin lebih besar digunakan untuk makan malam. Saus pasta juga bisa bervariasi dalam rasa, warna, dan tekstur.

Dalam hal nutrisi, pasta memiliki kandungan 31% karbohidrat, 6% protein, rendah lemak, jumlah mangan sedang, tetapi pasta umumnya memiliki kandungan mikronutrien yang rendah.

3 dari 5 halaman

Jenis-jenis Pasta Italia

Di italia sendiri terdapat ratusan jenis pasta dan terus bertambah melihat inovasi yang ada. Beberapa jenis pasta yang sudah mendunia dan menjadi kesukaan banyak orang, termasuk masyarakat Indonesia. Jenis-jenis pasta tersebut seperti spaghetti, lasagna, macaroni dan lain sebagainya.

Nama jenis pasta biasanya diambil berdasarkan nama-nama bentuk pasta dalam bahasa Italia. Misalnya Pasta yang berbentuk panjang seperti mi disebut spageti, variasi yang lebih kecil disebut vermicelli, variasi yang panjang dan pipih disebut linguine, sedangkan versi yang agak tebal disebut fettucine.

Pasta berbentuk pendek seperti pena disebut penne, sedangkan pasta berbentuk kupu-kupu disebut farfalle.

Beberapa orang mungkin tak mengenali nama dari jenis-jenis pasta karena bentuknya yang hampir mirip. Sehingga tak jarang ada yang hanya menyebut ‘makaroni’ atau ‘spaghetti’.

Nah, supaya tak salah sebut lagi, berikut jenis-jenis pasta Italia yang cukup populer di Indonesia yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat(15/3/2019).

4 dari 5 halaman

Beda jenis pasta Italia

Spaghetti

Spaghetii adalah pasta yang berbentuk tabung yang ramping dan panjang. Jenis pasta ini merupakan jenis yang paling terkenal didunia. Spaghetti adalah bentuk jamak dari kata spaghetto Italia, yang merupakan perkecilan dari spago, yang berarti "senar tipis" atau "benang".

Cara mengolah spaghetti pun bervariasi tetapi yang sangat terkenal adalah spageti ala bolognese yaitu spaghetti yang dihidangkan dengan saus daging cincang lalu ditaburi keju parmesan parut.

Vermicelli

Vermicelli merupakan salah satu pasta tradisional Italia. Pasta ini mirip spageti, hanya saja vermicelli berukuran lebih kecil dan pendek. Pasta ini sering diolah bersama hidangan laut dan bisa juga dijadikan isi sup.

Fettucine

Fettuccine merupakan pasta panjang berbentuk pipih seperti pita dengan lebar kira-kira 6,5 milimeter. Fettuccine yang dalam bahasa Italia berarti "pita kecil" adalah jenis pasta yang populer di masakan Romawi.

Lasagna

Lasagna berbentuk lembaran tipis dengan panjang sekitar 27 sentimeter dan lebar 5 cm. lasagna biasa diolah dengan diberi isi dan disusun sampai 7 lapis. Lasagna sendiri secara harfiah adalah lasagne yang berisikan daging. Selain daging bisa juga diisi sayur-sayuran, ayam, makanan laut dan sebagainya.

Fusilli

Fusilli merupakan salah satu jenis pasta berbentuk spiral. Fusilli sendiri dapat dihidangkan dengan bahan lainnya seperti daging ayam, daging sapi, sayur-sayuran, dan sebagainya.

5 dari 5 halaman

Jenis pasta yang populer di Indonesia

Cavatelli

Cavatelli yang umum adalah jenis pasta kerang kecil yang terlihat seperti miniatur roti hotdog. Cavatelli juga dikenal dengan nama orecchie.

Ravioli

Ravioli adalah jenis masakan tradisional Italia yang bentuknya seperti pastel. Caranya, mengisi antara dua lapisan tipis adonan pasta dan disajikan baik dalam kaldu atau dengan saus pasta.

Penne

Penne adalah jenis pasta berbentuk silinder dan pendek-pendek. Penne berasal dari bahasa Latin penna, yang berarti "bulu" atau "pena".

Macaroni

Macaroni adalah pasta kering yang dibuat dengan gandum durum. Macaroni bisa berbentuk lurus atau melengkung.

Farfalle

Farfalle adalah jenis pasta yang disebut "kupu-kupu pasta". Sebutan ini karena bentuknya mirip kupu-kupu dengan ujung bergerigi. Pada awal kemunculannya, farfalle memiliki beberapa ukuran tapi tetap berbentuk dasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini