Sukses

Dangdut Cowboys, Band Dangdut Asal Amerika Sukses Bikin Mahasiswa Bergoyang

Para personel band Dangdut Cowboy ternyata berlatar pendidikan S3. Meski asli Amerika Serikat, cengkok vokalisnya tak kalah dari penyanyi dangdut lokal.

Liputan6.com, Jakarta - Apa jadinya bila bule asal Amerika Serikat, membuat band Dangdut Cowboys? Beraliran musik dangdut, nyanyian mereka ternyata mampu menggoyang tubuh para mahasiswa. Bahkan saat mereka bernyanyi, penontonnya pun coba untuk nyawer dengan uang pecahan Rp 50 sampai 100 ribu. 

Namun, uang yang ditawarkan sembari menari di bawah alunan musik dangdut itu, tidak diambil oleh sang vokalis, Megan, yang juga seorang dosen di Pittsburg University. Ia tampil bersama Profesor Andrew Noah, profesornya dangdut asal Amerika. 

Suara bagus Megan dan Prof Andrew menyihir ratusan mahasiswa dan dosen Mercu Buana, berjoget dan ikut bernyanyi. Sederet lagu legendaris milik Rhoma Irama seperti Bujangan, Kegagalan Cinta, dan Terajana, dinyanyikan oleh band asal negeri Paman Sam itu. 

Meski asli keturunan Amerika, lidah Prof Andrew dan Megan, sangat fasih bernyanyi. Bahkan, cengkok khas dangdut pun terdengar jelas dari mulut keduanya. 

"Terajana, terajana, ini lagunya, lagu India. Merdu suara, hai penyanyinya," atau pada bagian lagu Kegagalan Cinta "Ho.. Ho.. Ya nasib ya nasib, mengapa begini. Baru pertama bercinta, sudah menderita," Prof Andrew menyanyikan. 

Menurutnya, orang-orang Amerika tidak akan mengerti lirik yang dinyanyikan. Namun, mereka sangat menikmati dan dibuat terkesima dengan alunan musik dangdut yang kaya akan instrumen musik.

"Soal arti, mereka tidak paham. Karena perlu mempelajari budaya dan asal usulnya dulu, baru paham. Tapi mereka menikmati musik dangdut, di sana banyak penggemarnya," tutur pria yang melakukan penelitian dangdut pada 2007 lalu. 

Menurutnya, awal mula band tersebut terbentuk, personelnya merupakan tenaga pengajar di Pittsburg University. Mayoritas adalah lulusan S3 yang juga mempelajari soal dangdut, musik gamelan, wayang dan budaya Sunda di Indonesia. 

Menurutnya, dangdut punya nilai musik internasional. "Dalam satu sajian musik dangdut, bisa gabungan dari genre rock, jazz sampai country. Jadi bisa pertukaran budaya antara Amerika dengan Indonesia," ujar Andrew.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.