Daftar Makanan yang Perlu Dihindari Agar Lemak Tidak Menumpuk di Perut

Oleh Putu Elmira pada 15 Mar 2019, 05:00 WIB
Ilustrasi lemak perut (Foto: iStock)

Liputan6.com, Jakarta - Tampil dengan tubuh yang ideal menjadi keinginan banyak orang. Ketika sudah pergi untuk berolahraga dan berlatih secara giat tetapi lemak tetap membandel, tentunya akan sangat menyedihkan.

Sebenarnya tidak hanya olahraga saja yang harus dilakukan. Melansir dari Popsugar.com Rabu, 13 Maret 2019, jika Anda benar-benar ingin membakar lemak perut yang membandel, mengatur nutrisi adalah kata kuncinya. Berikut makanan yang harus dihindari agar tidak ada lemak di perut.

Biji-bijian Olahan

Makanan satu ini adalah penyebab utama lemak perut. Makanan yang sering Anda konsumsi seperti sereal, roti putih, kerupuk keju, dan pancake.

Pada dasarnya, sebagian besar makanan padat karbohidrat itu terbuat dari olahan biji-bijian. Tetapi jika Anda makan secara berlebihan, tentunya akan membuat tumpukan lemak pada tubuh. Jadi, pilihlah sereal dan sereal yang tidak terlalu banyak mengandung karbohidrat.

Minuman Manis

Kebiasaan orang ingin membuat perut merasa kenyang dan bahagia. Menikmati soda yang menyegarkan ditambah dengan makanan yang manis tentunya adalah menu favorit di kalangan anak muda.

Tetapi perlu diketahui, minuman seperti soda, es teh, jus instan, hingga susu mengandung hingga 50 gram gula bahkan lebih. Cobalah untuk minum air putih agar tidak menambah kadar gula dan memburuk lemak di perut.

Makanan Goreng

Sebagian orang mengira bahwa diet tinggi lemak tidak akan membuat Anda gemuk, dengan itu bukan berarti Anda bisa makan gorengan dengan sepuasnya. Makanan yang digoreng bisa menjadi yang paling berbahaya, tidak hanya untuk berkontribusi pada lemak perut, tetapi juga kesehatan jantung Anda secara keseluruhan.

Pertama, dibutuhkan waktu yang sangat lama bagi tubuh Anda untuk memecah makanan yang digoreng.  Kedua, banyak tempat makanan cepat saji dan restoran suka menggunakan minyak murah dan lemak jenuh.

Wiranto Takjub Pendapatan Nelayan Tembus Rp 5 Juta Per Hari
2 of 2

Makanan yang perlu Anda hindari

Susu Soya dan Susu Sapi, Samakah Kualitasnya?
Susu Soya dan Susu Sapi, Samakah Kualitasnya?

Susu sapi

Susu memang minuman yang kaya akan nutrisi, terlebih lagi untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan disarankan untuk minum susu. Namun selain tinggi akan manfaat, di sisi lain susu juga tinggi akan lemak dan karbohidrat.

Baru-baru ini, penelitian kesehatan menunjukkan bahwa susu juga dapat menimbulkan efek samping pada kesehatan yaitu perut jadi mudah kembung serta perut jadi buncit. Lebih lanjut, penelitian ini pun meminta Anda untuk lebih bijak dalam mengonsumsi susu. Jika Anda berkeinginan memiliki perut yang rata, Anda harus membatasi produk susu dan es krim.

Makanan Rendah Lemak

Ini termasuk yogurt rendah lemak, keju bebas lemak, dan krim asam rendah lemak. Sebenarnya label tersebut hanya menipu Anda.

Rendah lemak hanya berarti lebih sedikit kalori, tetapi kenyataannya produk tersebut mengandung banyak gula, pengawet buatan, dan bahan pengawet bahan kimia untuk membuatnya terasa mirip dengan versi full fat. Lain kali Anda mengambil sesuatu, periksa daftar bahan terlebih dahulu, dan lihat tabel kalorinya.

Seiring dengan menulis daftar makanan yang ingin Anda hindari, Dr. Josh Axe, DNM, CNS, DC, pendiri Ancient Nutrition dan DrAxe.com, merekomendasikan kebiasaan sehat.

Dia menyarankan makan lebih banyak makanan yang membakar lemak seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, daging bersih, dan ikan. Salah satu tips Dr. Axe yang lain adalah makan dengan sadar, makan perlahan, dan berhenti ketika kenyang. (Adinda Kurnia Islami)

Saksikan video pilihan di bawah:

Lanjutkan Membaca ↓