Liburan ke Rusia, Zaskia Sungkar dan Irwansyah Mengunjungi Red Square dan Masjid Katedral

Oleh Putu Elmira pada 12 Mar 2019, 21:00 WIB
Diperbarui 14 Mar 2019, 07:14 WIB
Zaskia Sungkar dan Irwansyah

Liputan6.com, Jakarta Zaskia Sungkar dan Irwansyah memilih berlibur ke Rusia, setelah baru-baru ini menghabiskan waktu di Belanda. Seakan tidak ingin melewatkan waktu luangnya pasangan ini mengisi kebahagiannya dengan jalan-jalan ke luar negeri.

Dalam unggahan foto di instagram '@zaskiasungkar15', mereka berdua terlihat sangat menikmati liburannya dengan berkunjung ke tempat bersejarah di Rusia. Meski belum dikaruniai buah hati mereka terlihat bahagia menjalani kehidupan bersama.

Pasangan yang sudah delapan tahun menikah ini memilih Red Square, Moskow sebagai destinasi pertama. Zaskia dan Irwansyah terlihat berfoto bersama di sepanjang jalan Red  Square atau Lapangan Merah yang dipenuhi dengan salju.

Melansir dari laman resmi Mossow, Selasa (12/3/2019), Red Square memiliki cerita sejarah yang unik. Pada abad pertengahan, tempat tersebut adalah perkampungan kumuh yang menampung para pedagang di jalanan, pengemis, bahkan pemabuk dan penjahat. dengan nama Trinity Square

Pada abad ke-20 nama Red Square muncul dengan sendirinya. Tempat itu dikenal dan digunakan sebagai arena parade militer resmi yang menunjukkan kepada dunia kekuatan pasukan bersenjata Rusia yang waktu itu masih bernama Uni Soviet. Pada 2000, pernah digelar parade untuk menandai peringatan 55 tahun berakhirnya Perang Dunia Kedua.

Namun sejak Perestroika (reformasi politik dan ekonomi) dan Uni Soviet pecah menjadi beberapa negara, Red Square semakin banyak digunakan untuk konser musik rock, pertunjukan musik klasik besar dan acara hiburan lainnya yang berskala besar termasuk peragaan busana hingga festival seni sirkus.

Sekarang banyak orang berkunjung ke Red Square, Moskow termasuk Zaskia Sungkar dan Irwansyah. Tempat ini dikenal dengan keindahan arsitektur dengan variasi unik dengan berbagai cerita sejarah kelam.

2 of 3

Di Masjid Katedral Moskow

Zaskia Sungkar
Zaskia Sungkar mengunjungi Moscow Cathedral Mosque di Rusia (dok.instagram@zaskiasungkar15/https://www.instagram.com/p/BuyL_aGhnEZ/Adinda Kurnia)

Masjid terbesar di Rusia menjadi destinasi selanjutnya Zaskia dan Iswansyah. Kakak Shireen Sungkar iru berfoto di antara bangunan Masjid Katedral Moskow yang indah menggunakan jaket tebal berwarna hitam. Ia pun menghiasi penampilannya dengan menggunakan kacamata hitam. 

Masjid Katedral Moskow merupakan masjid tertua kedua di Moskow, berdiri sejak 1904. Nama Katedral sendiri terdengar aneh untuk sebutan sebuah masjid. Namun budaya masyarakat Kristen Ortodox Rusia yang menyebut gereja besar sebagai Katedral, maka masjid besar pun mendapat sebutan Katedral.

Orang Rusia punya beberapa julukan untuk masjid satu ini, salah satunya "Mosque at Prospect Mira" karena menang lokasinya yang berada di jalan prospect mira (perdamaian), dan tak jauh dari stasiun kereta Prospect Mira yang megah. Sementara sebagian orang juga menyebutnya sebagai Masjid Tatar (Tatar Mosque) Karena memang awalnya jemaah masjid ini didominasi oleh muslim Etnis Tatar.

Selain digunakan untuk salat lima waktu, dan salat untuk hari besar umat Islam, masjid ini juga merupakan kantor bagi muftiyat atau semacam badan urusan keagamaan Rusia. Uniknya lagi masjid ini juga menyediakan perpustakaan dan Maktab serta embaga pendidikan Islam. 

3 of 3

Menikmati Keindahan Masjid Saint Petersburg

Zaskia Sungkar
Foto Saint Petersburg Mosque oleh Zaskia Sungkar (dok.instagram@zaskiasungkar15/https://www.instagram.com/p/Bu3bBYuhB7-/Adinda Kurnia)

Seakan tidak mau melewatkan keindahan bangunan yang ada di Rusia, Zaskia dan Irwansyah mengunjungi masjid terbesar di Rusia yaitu Saint Petersburg. Keindahan bangunan dan suasana yang ada di masjid tersebut Zaskia menulis kalimat "< MasyaAllah 💛>," di kolom komentar karena mengagumi keindahan bangunan dan suasana yang ada di masjid tersebut.

Saint Petersburg adalah Ibukota Rusia ketika masih berbentuk kekaisaran, kota yang di era Uni Soviet bernama Leningrad nama yang dinisbatkan kepada bapak pendiri Uni Soviet, Vladimir Lenin.

Tempat ini disebut sebut sebagai kota terindah di Eropa, dengan beragam gedung berarsitektur menawan  dan lanskap kota yang luar biasa. Salah satu bangunan indah diantara deretan arsitektur kota Leningrad adalah bangunan masjidnya.

Melansir dari laman resmi petersburg.ru masjid ini dibangun pada 1909-1920 oleh arsitek Nikolai Vasilyev, juga melibatkan insinyur S. Krichinsky dan arsitek A. von Gauguin. Pembangunannya pada 1913 didedikasikan untuk perpustakaan Romanov.

Namun, butuh tujuh tahun untuk menyelesaikan pekerjaan pada dekorasi interior kuil. Masjid terbesar di Eropa ini dapat menampung hingga 5.000 orang. Masjid ini berlokasi di pusat kota Saint Petersburg berseberangan dengan Benteng Peter dan Paul di pusat kota Saint Petersburg. Rusia. (Adinda Kurnia Islami)

Saksikan video pilihan di bawah:

Lanjutkan Membaca ↓