5 Manfaat Baking Soda Untuk Wajah, Bisa Basmi Jerawat yang Membandel

Oleh Anugerah Ayu Sendari pada 11 Mar 2019, 16:00 WIB
Manfaat Baking Soda

Liputan6.com, Jakarta Baking soda atau natrium bikarbonat merupakan senyawa kimia yang biasanya berbentuk kristal atau serbuk. Biasanya baking soda digunakan sebagai campuran roti atau kue karena dapat bereaksi dengan bahan lain membentuk gas karbon dioksida, yang membuat roti mengembang sempurna.

Baking soda bisa mengurangi rasa mulas ketika ditambahkan dengan air serta dapat mengurangi rasa gatal akibat gigitan serangga. Baking soda juga ampuh menangkal bau badan yang tidak sedap.

Nah, tak hanya sebagai pengembang kue dan manfaat kesehatan lainnya, ternyata baking soda memiliki manfaat untuk merawat kulit wajah. Berikut ulasan manfaat baking soda untuk wajah yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (11/3/2019).

2 of 7

Manfaat Baking Soda Untuk Wajah

Manfaat Baking Soda
Manfaat Baking Soda (iStockphoto)

Dilansir dari Medicalnewstoday, baking soda dapat membantu mengurangi jerawat, mengurangi rasa sakit dan peradangan pada kulit karena sifat anti-inflamasi dan antiseptiknya.

Namun, menggunakan baking soda pada kulit tidak banyak direkomendasikan oleh para profesional kesehatan. Hal ini karena senyawa dalam baking soda dapat mengiritasi kulit dan menghilangkan minyak pelindung yang penting pada wajah.

Umumnya, kulit wajah memiliki pH sekitar 5,5, sedangkan baking soda memiliki pH sebanyak 9 yang terlalu basa. Terutama jika dilarutkan dengan air yang secara langsung merusak keseimbangan pH kulit. Menggunakan baking soda di kulit wajah dapat menyebabkan iritasi yang serius jika dilakukan setiap hari.

Jika Anda memilih untuk menggunakan baking soda untuk perawatan kulit, sebaiknya tidak menggunakannya setiap hari dengan jumlah sedikit. Anda dapat menggunakan campuran baking soda sebagai bahan perawatan kulit minimal 2-3 sekali dalam seminggu agar kulit tak teriritasi. Selain itu pastikan jika Anda bukan pemiliki kulit sensitif. Hal ini karena kulit sensitif akan lebih rentan teriritasi.

Terlepas dari itu, baking soda memiliki sejumlah manfaat untuk kulit jika digunakan dengan benar sesuai takaran. Berikut manfaat baking soda untuk wajah:

3 of 7

1. Menyembuhkan Jerawat

Bakin soda memiliki sifat antibakteri yang mencegah berjerawat. Baking soda adalah obat yang cocok untuk komedo, dan jerawat. Baking soda dapat digunakan sebagai pengelupas ringan yang membantu menghilangkan sel kulit mati dan membersihkan pori-pori Anda. Proses ini dapat membantu mengeringkan dan menyembuhkan jerawat yang ada. Baking soda juga dapat mengontrol minyak berlebih pada wajah.

Untuk mengobati jerawat, Buat pasta dengan mencampurkan 2 sdt baking soda, 1 sdt madu dan 1/2 sdt jus lemon dari lemon segar. Oleskan pasta ke wajah Anda dengan lembut dan diamkan selama 5 menit sebelum dibilas. Gunakan perawatan ini dua kali seminggu.

4 of 7

2. Mengecilkan Pori-pori

Manfaat baking soda lainnya adalah mampu mengecilkan pori-pori. Baking soda adalah senyawa yang mampu membantu membersihkan pori-pori sekaligus mengecilkannya. Perawatan ini juga mencegah jerawat dengan menjaga pori-pori Anda bersih dan tidak terbuka.

Dalam sebuah wadah, encerkan satu sendok makan baking soda dengan secangkir air dan sisihkan campurannya. Cucilah wajah Anda seperti biasanya dengan pembersih biasa. Percikkan larutan baking soda ke wajah Anda dan keringkan. Lanjutkan untuk melembabkan wajah Anda dengan produk non-komedogenik. Lakukan ritual ini 3-4 kali seminggu sebagai pengganti toner Anda.

5 of 7

3. Memutihkan Wajah

Membersihkan wajah dengan baking soda dapat membantu memutihkan kulit Anda. Buat pasta menggunakan air dan baking soda dan gosok dengan lembut di wajah Anda. Gosok dengan gerakan memutar selama dua menit. Setelah itu, cuci dengan air dan oleskan pelembab.

Ingin kulit lebih cerah? Campurkan baking soda dengan satu sendok makan jus lemon dan beberapa tetes minyak zaitun. Setelah membersihkan kulit, oleskan pasta ini ke wajah Anda dan bilas setelah 10 menit.

6 of 7

4. Menghilangkan Komedo

Manfaat baking soda untuk wajah adalah sebagai pengangkat sel kulit mati seperti komedo. Karena baking soda adalah pengelupas yang baik, baking soda bisa membantu Anda menghilangkan komedo yang menganggu. Cukup campur dengan satu sendok makan baking soda dengan sedikit pasta gigi,

Oleskan campuran ini ke hidung atau daerah yang terdapat komedo dan gosok selama beberapa menit untuk menghilangkan semua komedo yang terlihat. Anda juga dapat menggunakan campuran baking soda dan air untuk menghilangkan komedo.

7 of 7

5. Mencegah Bibir Hitam

Selain kulit wajah, manfaat baking soda berlaku untuk kesehatan bibir. Madu dan baking soda membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati dari bibir Anda. Mereka juga membantu memutihkan kulit Anda yang secara alami mencerahkan warna bibir Anda.

Campurkan madu dan soda kue sampai Anda mendapatkan pasta yang halus. Oleskan campuran ini ke bibir Anda dan biarkan selama sekitar 2 menit. Dengan menggunakan ujung jari Anda, gosok perlahan campuran tersebut pada bibir Anda untuk pengelupasan kulit mati.

Lanjutkan Membaca ↓