Peta Wisata Bali Tak Hanya Kuta, Ini 9 Spot Liburan yang Anti-mainstream

Oleh Afifah Cinthia Pasha pada 11 Mar 2019, 14:20 WIB
Diperbarui 11 Mar 2019, 14:20 WIB
Peta Wisata Bali
Perbesar
Peta Wisata Bali Pantai Lovina, Singaraja, Bali. (ksmtour.com)

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak mengenal Pulau Bali? Bali merupakan destinasi wisata paling populer di Indonesia yang sudah terkenal hingga mancanegara. Destinasi wisata di Bali populer dengan keindahan yang memesona hingga membuat banyak dikunjungi, baik wisatawan domestik hingga wisatawan asing.

Setiap sudut Bali memiliki keindahan tidak hanya alamnya, namun juga budaya yang sangat kental dan menjadi nilai tambah untuk pulau ini. Tak heran jika sekelas selebritis Hollywood pun menjadikan Bali sebagai destinasi liburan favorit.

Bali memang selalu menjadi wisata yang direkomendasikan untuk menghabiskan waktu liburan maupun hanya sekedar singgah untuk bersantai. Pulau Bali terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok.

Mayoritas penduduknya sendiri memeluk agama Hindu, tak heran jika berada di sini pasti banyak menjumpai pura. Bali terkenal sebagai tujuan pariwisata dengan keunikan berbagai hasil seni dan budayanya, khususnya bagi para wisatawan Jepang dan Australia.

Berikut peta wisata Bali yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (11/3/2019).

2 dari 4 halaman

Peta Wisata Bali Selatan

Peta Wisata Bali
Perbesar
Peta Wisata Bali (Liputan6.com/Herman Zakharia)

1. Pantai Pandawa

Peta wisata Bali Pantai Pandawa adalah salah satu kawasan wisata di area Kuta selatan, Kabupaten Badung, Bali yang sedang populer belakangan ini. Pantai Pandawa terletak di balik perbukitan dan sering disebut sebagai Pantai Rahasia (Secret Beach).

Di sekitar pantai ini terdapat dua tebing yang sangat besar. Yang membuat unik, pada salah satu sisi tebingnya dipahat lima patung Pandawa dan Kunti. Peta wisata Bali selain untuk tujuan wisata dan olahraga air, pantai ini juga dimanfaatkan untuk budidaya rumput laut karena kontur pantai yang landai dan ombak yang tidak sampai ke garis pantai.

2. Pantai Dreamland

Peta wisata Bali Pantai Dreamland adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak di sebelah selatan Bali di daerah bernama Pecatu. Pantai Dreamland dikelilingi oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi, dan dikelilingi batu karang yang lumayan besar di sekitar pantai.

Lokasi pantai ini berada dalam kompleks Bali Pecatu Graha (Kuta Golf Link Resort) yaitu sekitar 30 menit dari pantai Kuta. Ombaknya yang tinggi dan besar banyak diminati oleh para penggemar olahraga selancar air (surfing). Bahkan Dreamland sudah dijadikan semacam surfing spot baru untuk kawasan Bali.

3. Pantai Blue Point

Peta wisata Bali Pantai Blue Point atau Pantai Suluban, Uluwatu, merupakan pantai dengan tebing yang terjal dan ombak yang cukup besar. Pantai Blue Point berjarak sekitar 3 kilometer dari Pura Uluwatu.

Pantai Blue Point Bali lebih cocok untuk tempat bagi penghobi olahraga selancar air. Oleh karena itu jika liburan ke pantai Blue Point, kamu akan lebih banyak melihat wisatawan asing daripada wisatawan domestik. Pantai ini lebih cocok dikunjungi oleh anak-anak muda terutama yang suka surfing karena ombaknya cukup besar.

3 dari 4 halaman

Peta Wisata Bali Timur

Peta Wisata Bali
Perbesar
Peta Wisata Bali Pantai Amed, Bali. (blog.reservasi.com)

4. Pantai Amed dan Tulamben

Peta wisata Bali Amed dan Tulamben merupakan pantai berpasir hitam dengan panorama cantik menawan. Kontrasnya antara warna air yang biru jernih dengan pasir hitam, dengan jukung-jukung putih yang berbaris di bibir pantai. Tentu saja hal itu menambah eksotisme pemandangan di pantai ini. Tempat ini juga menjadi salah satu lokasi diving dan snorkeling terbaik di Bali.

5. Air Panas Toya Bungkah

Peta wisata Bali ini bisa merasakan nikmatnya berendam air panas dengan panorama pegunungan sekitar yang mempesona. Pemandian air panas Toya Bungkah ini terletak di kaki Gunung Batur. Sensasi yang kamu dapatkan ketika mandi di Pemandian air panas yang berlatarkan pemandangan gunung dan danau yang cantik.

6. Istana Air Tirta Gangga

Peta wisata Bali istana air atau water palace paling indah di Bali ini bisa kamu temukan di bagian utara Amlapura. Istana air ini memiliki beberapa kolam yang diliputi oleh taman-taman cantik yang dipenuhi aneka bunga, seperti penggambaran istana di cerita-cerita dongeng.

Taman-taman ini dihiasi oleh kolam ikan dan banyak patung yang menambah eksotismenya. Sensasi berbeda dapat kamu rasakan di sana jika berenang di kolam istana layaknya putra dan putri raja dari zaman dahulu.

4 dari 4 halaman

Peta Wisata Bali Utara

Peta Wisata Bali
Perbesar
Peta Wisata Bali Pantai Lovina, Singaraja, Bali. (balistarisland.com)

7. Danau Tamblingan

Peta wisata Bali tidak begitu jauh dari Danau Buyan, terdapat Danau Tamblingan yang juga menawarkan panorama alam yang sangat menawan. Danau ini belum tercemar sehingga layak untuk dijadikan sebagai salah satu destinasi menarik saat berada di Bali.

Suasananya sangat alami dan tenang. Jadi cocok untuk kamu yang memang ingin bersantai saat liburan. Danau Buyan dan juga Tamblingan lokasinya sangat berdekatan. Karena keduanya hanya dipisahkan oleh hutan dengan luas sekitar 1 km.

Baca juga yang ini.

8. Sinsing Waterfall

Peta wisata Bali air terjun Singsing berlokasi cukup dekat dengan pantai Lovina. Tak heran jika banyak wisatawan yang menyempatkan diri untuk mampir ke air terjun ini. Dekat dengan air terjun Singsing, kamu bisa melihat monumen bersejarah peninggalan zaman Belanda yang dibangun pada tahun 1869.

9. Pantai Lovina Bali

Jika kamu bosan dengan Pantai Kuta, bisa mengunjungi Pantai Lovina sebagai salah satu destinasi menarik saat di Bali. Pantai ini berada di Desa Kalibukbuk, Buleleng, Bali.

Berbeda dengan Pantai Kuta yang pasirnya putih, Pantai Lovina justru berpasir hitam. Pantai ini begitu menarik, karena kamu bisa melihat kehadiran lumba-lumba cantik di tengah laut. Melihat hal tersebut, jangan heran jika banyak wisatawan dari berbagai daerah bahkan mancanegara memilih Pantai Lovina untuk menghabiskan waktu liburan.

Lanjutkan Membaca ↓