Sentuhan Fantasi Tex Saverio dalam Koleksi Perhiasan Serial Elemen Terbaru Miss Mondial

Oleh Putu Elmira pada 11 Mar 2019, 08:15 WIB
Diperbarui 11 Mar 2019, 08:15 WIB
Tex Saverio X Miss Mondial

Liputan6.com, Jakarta - Lekukan khas Tex Saverio kembali berwujud dalam karya nyata. Bukan koleksi busana, ia kembali berkolaborasi dengan Miss Mondial menghadirkan sederet perhiasan bermata berlian yang merupakan kelanjutan serial Elemental.

Lewat kolaborasi teranyar, terdapat tiga seri yang ditawarkan melengkapi serial Earth dan Water yang lebih dulu diluncurkan pada 2017 lalu, yakni, Metal, Wind, dan Fire. Total ada 18 jenis perhiasan yang dihasilkan untuk mewakili semua unsur alam di semesta.

Seri Metal dihadirkan melalui desain garis diagonal yang saling-silang dan berkesan tegas. Elemen alam ini melambangkan kesetiaan, kekuatan, dan keteraturan. Didominasi emas putih, terdapat satu cincin wanita dan tiga pilihan desain cincin kawin berbatu berlian yang memberikan kesan stylish dan edgy bagi kedua pasangan.

 

 

 

 

Sementara, unsur angin dari serial Wind digambarkan melalui lekukan bergelombang dan sayap yang berpasangan. Hal itu melambangkan bahwa angin adalah udara yang bergerak bebas dan membawa kehidupan serta kesejukan bagi kedua pasangan. Emas putih bertahtakan berlian kembali menjadi material utama dalam perhiasan yang terdiri dari liontin, anting dan cincin wanita.

 

Koleksi Perhiasan Tex Saverio x Miss Mondial
Water Series, Koleksi Perhiasan Tex Saverio x Miss Mondial. (Liputan6.com/Putu Elmira)

Terakhir, serial Fire terlihat berbeda melalui penggunaan material rose gold 18K yang dipadukan dengan berlian. Lekukan lidah api pada serial ini mengingatkan pada gaun yang dirancang Tex untuk dikenakan Katniss Everdeen, tokoh utama dalam film The Hunger Games. 

Seperti elemen yang diwakilinya, deretan perhiasan seri Fire, yakni liontin, cincin, dan anting hadir dengan kesan dinamis, ceria, dan semangat percaya diri. Sedangkan, koleksi cincin kawin Fire yang mengkombinasikan emas putih dan sentuhan rose gold 18K serta berlian melambangkan bahwa pasangan memiliki hubungan cinta mendalam dan berani mengarungi kehidupan bersama dalam segala keadaan. 

Secara singkat, Tex menjelaskan, "Fire itu lebih pada fierce, Metal lebih moderen, sedangkan Wind cenderung simpel dan mengikuti kata hati."

Koleksi Perhiasan Tex Saverio x Miss Mondial
Fire Series, Koleksi Perhiasan Tex Saverio x Miss Mondial. (Liputan6.com/Putu Elmira)
2 dari 2 halaman

Kompromi Tex

Perhiasan Bernuasa Fantasi dan Dramatis Karya Tex Saverio
Tex Saverio memperkenalkan perhiasan yang dibalut sentuhan fantasi juga dramatis dalam karya terbarunya. (Liputan6.com/Putu Elmira)

Persoalan desain bukan hal baru buat desainer yang karyanya dipakai Lady Gaga dan Kim Kardashian itu. Lagipula, Tex mengaku dunia merancang busana yang digelutinya sangat dekat dengan aksesori. Namun, ada penyesuaian dan kompromi yang dilakukan agar fantasinya bisa mewujud dalam bentuk perhiasan.

"Kesulitan untuk koleksi lebih kepada teknikal karena basically bekerja dengan material baru baik dari ide dan desain," jelasnya ketika ditemui di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat, 8 Maret 2019.

Misalnya saja mempelajari proses pencetakan dari sketsa yang dia buat. Meski sudah mengenal teknik 3D printing, Tex mengaku pengaplikasiannya dalam membuat perhiasan lebih rumit dan detail. Selain estetika, ia juga harus memikirkan perhiasan tersebut akan dikenakan pada situasi seperti apa.

"Banyak sekali diskusi. Saya cukup intens berdiskusi dengan tim Miss Mondial. Soal filosofi, detail, bahkan sudah harus memikirkan mau dikenakan untuk occassion apa. Saya banyak belajar hal lain, selain estetika," ujarnya.

Di antara kelima seri perhiasan, Tex Saverio mengaku bahwa Water Series menjadi favoritnya. Ia beralasan seri tersebut mewakili karakternya.

"Karakter Water lebih bermain dengan dramatis dan fantasi. Kelima elemen itu mewakili karakter desain saya. Ada sentuhan fantasinya," tambah sang desainer.

Sementara itu, Ferdi Felano, General Manager Miss Mondial menyebut kolaborasi dengan Tex Saverio sebagai upaya agar perhiasan berlian yang ditawarkan selalu update dengan trend. Tex dipilih mengingat ia memiliki karakter desain yang unik.

"Perhiasan, apalagi diamond jewelery, saat ini sangat inovatif. Desain semakin banyak berkembang," katanya.

Berlian yang digunakan adalah grade F yang merupakan kualitas berlian terbaik dengan tingkat kejernihan tinggi. Seiring waktu, penggunaan perhiasan berlian sebagai gaya hidup juga semakin luas.

"Berlian masih menjadi simbol status. Banyaknya digunakan untuk acara spesial. Tapi, Miss Mondial juga ditujukan untuk daily use. Tapi, itu tergantung desainnya. Kalau besar, tentu orang enggak akan pakai ke pasar," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓