Sukses

Hubungan Tidak Sehat? Refleksi dengan 4 Pertanyaan Ini

Pertanyaan ini akan membantu Anda lepas dari hubungan tidak sehat.

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan yang tidak sehat akan membawa dampak yang tidak baik terhadap diri Anda. Bila Anda merasa tidak bahagia ketika menghabiskan waktu bersama kekasih, mungkin saja Anda terjebak dalam hubungan yang tidak sehat.

Melansir refinery29.com, kekerasan dalam hubungan secara fisik, perkataan, dan emosional sudah jelas menjadi tanda hubungan yang tidak sehat. Namun, ada juga hubungan yang dinilai tidak sehat tanpa ada kekerasan di dalamnya. Misalnya, pasangan yang sering berselingkuh atau yang membuat Anda bangkrut karena sikapnya yang suka berfoya-foya.

Hubungan harusnya bisa membantu diri kita menjadi lebih baik. Namun bila Anda malah merasa lebih buruk, itulah tanda bahwa Anda menjalani hubungan yang tidak sehat. Bila Anda ragu, coba pastikan diri dengan empat pertanyaan ini.

1. Apakah Anda takut terhadap pasangan Anda?

Rasa takut pun bisa terjadi tanpa adanya kekerasan fisik terhadap Anda. Penyiksaan tidak selalu datang dalam bentuk fisik, tapi juga bisa sebagai perasaan. Ketika pasangan menghina Anda sehingga Anda merasa rendah diri, itulah bentuk kekerasan dalam hubungan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Apakah pasangan Anda mau berubah?

Jawaban dari pertanyaan ini bisa dibuktikan dengan perilakunya terhadap Anda. Jika pasangan tidak peduli terhadap keluhan atau rasa tidak bahagia dalam diri Anda, itulah tanda bahwa pasangan tidak mau berubah.

3. Bagaimana hubungan ini memengaruhi harga diri Anda?

Harga diri Anda bisa menurun dalam hubungan bila Anda mengalami masalah pribadi, seperti kehilangan pekerjaan. Namun, jika harga diri Anda merosot karena hubungan yang dijalani, itulah tanda Anda menjalani hubungan tidak sehat.

4. Bagaimana perasaan Anda saat di sekitar pasangan Anda?

Ini adalah pertanyaan umum yang harus dijawab. Bila Anda menyadari bahwa Anda sering membela pendapat Anda atau berdebat, ini adalah tanda hubungan Anda sudah tidak sehat.

Jika Anda sering bertanya apakah ada hal yang tidak sehat dalam hubungan ini, Anda mungkin sudah tahu jawabannya. Karena itu, penting untuk mendengarkan naluri Anda sehingga Anda bisa lepas dari hubungan tak sehat. (Esther Novita Inochi)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.