Sukses

Wisata Kuliner Medan, Icip-icip Seru Makanan Populer yang Manjakan Lidah

Wisata kuliner Medan menyajikan berbagai makanan khas yang tidak bisa kamu temui di tempat lain.

Liputan6.com, Jakarta Jika berbicara mengenai kuliner khas Indonesia memang tidak akan ada habisnya. Seolah kekayaan kuliner Nusantara memang disediakan bagi para pecinta makanan. Setiap kota di Indonesia makanan khas ataupun wisata kulinernya menjadi suatu daya tarik tersendiri. Salah satu kota yang memiliki kekayaan kuliner tersebut ialah Medan.

Ibu Kota dari Provinsi Sumatera Utara ini memiliki sederet makanan khas yang cocok dijadikan pilihan wisata kuliner Medan.

Jika kamu seorang backpacker ataupun traveller, tentu saja kamu tak akan menyia-nyiakan kesempatan untuk menikmati wisata kuliner Medan. Wisatawan yang mengunjungi kota Medan akan dimanjakan dengan beraneka kuliner khas.

Jika kamu berkunjung di kota ini sangat disayangkan bila kamu tidak melakukan wisata kuliner Medan. Karena pastinya, banyak tempat makan yang akan menggugah selera kamu. Selain itu, wisata kuliner Medan juga menyajikan berbagai makanan khas yang tidak bisa kamu temui di tempat lain.

Kalau kamu mengunjungi Medan jangan lupa untuk menjelajahi kuliner yang ada. Namun bila kamu bingung ingin menjajal kuliner Medan yang mana, berikut Liputan6.com ulas tempat wisata kuliner Medan yang wajib kamu coba sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (6/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wisata Kuliner Medan

1. Kedai Durian Ucok

Belum ke Medan jika kamu tidak mencoba Durian Medan. Salah satu tempat wisata kuliner Medan yang cukup terkenal ialah Kedai Durian Ucok ini. Bertempat di Jalan Wahid Hasyim yang sebelumnya berada di Jalan Iskandar Muda, Kedai Durian Ucok ini salah satu tempat berburu durian paling laris di Medan.

Durian Medan yang memiliki cita rasa khas dengan daging buah cukup tebal dan legit serta memiliki sedikit rasa pahit mampu membuat penikmat durian jatuh hati. Kedai Durian Ucok sendiri hanya buka di waktu malam hingga menjelang pagi. Meskipun buka pada malam hari, kamu tak perlu menanyakan seberapa ramainya pengunjung yang adatang. Kedai ini pun bisa menjual hingga 7.000 buah hanya dalam satu malam saja.

2. Soto Kesawan

Wisata kuliner Medan belum berakhir hanya dengan durian saja. Kamu pun harus mampir di Warung Soto Kesawan yang berada di Jalan Ahmad Yani 116, Medan. Soto ini tentu saja berbeda dari soto lainnya. Jika biasanya kamu hanya mendapati daging sapi ataupun ayam, di Soto Kesawan ini kamu bisa menemui udang di dalamnya.

Selain itu, udang yang ada pada Soto Kesawan ini pun menggunakan jenis udang galah yang memiliki ukuran cukup besar. Bukan hanya menggunakan udang saja, tapi kamu pun bisa memesan Soto Kesawan dengan isian paru sapi, daging dan juga ayam. Kuah soto yang disajikan pun memiliki aroma rempah yang khas, pastinya bisa menggugah selera makan kamu.

3. Ci Cong Fan

Ci Cong Fan ialah kuliner tradisional Medan. Hidangan ini sekilas mirip dengan kwetiau yang direbus, tapi makanan tradisional ini punya cita rasa tersendiri loh. Meskipiun disajikan dengan kecap asin dan juga bawang goreng akan tetapi cita rasa yang dimiliki oleh Ci Cong Fan ini cukup otentik. Selain itu, kamu pun bisa menambahkan isian dengan daging sapi ataupun daging babi.

3 dari 3 halaman

Kuliner Medan yang Tak Boleh Dilewatkan

4. Kedai Kopi Apek

Setelah berwisata kuliner Medan yang membuat kamu kenyang, cobalah untuk mencicipi kopi di Kedai Kopi Apek. Kedai kopi yang berada di Jalan Hindu 37 Medan ini memang sangat populer loh, bahkan kedai ini termasuk dalam kedai kopi tertua di Medan. Berdiri sejak 1922 hingga kini, cita rasa yang disuguhkan pun tidak berubah.

Hal ini kerena Kedai Kopi Apek ini selalu menggunakan kopi lokal dengan pilihan terbaik. Selain itu pengaturan suhu dan juga teknik penyajiannya pun tidak berubah dari tahun ke tahun. Tentu saja menikmati secangkir kopi pada malam hari di Medan menjadikan hari kamu lebih istimewa.

5. Restoran Tip Top

Restoran ini telah lama populer bagi orang Medan maupun para wisatawan. Maka tak heran jika restoran Tip Top ini masuk dalam daftar wisata kuliner Medan yang harus dicoba. Sebelumnya, restoran ini berada di Jalan Pandu dengan nama Rstoran Jangkie. Akan tetapi restoran ini pindah ke Jalan Kesawan pada tahun 1934 dan merubah namanya menjadi Restoran Tip Top.

Restoran ini menyajikan berbagai hidangan dessert yang akan memanjakan lidah kamu. Menu yang cukup terkenal di Restoran Tip Top ini ialah es krimnya. Namun bukan hanya menyajikan es krim loh, tetapi restoran ini pun menyediakan berbagai cemilan manis untuk menemani kamu.

6. Soto RM Sinar Pagi

Soto memang kuliner yang sangat terkenal di Kota Medan, maka jangan heran jika kamu bisa menemui berbagai warung soto disini. Namun jika kamu berkunjung ke Medan, jangan lupa untuk mampir ke Rumah Makan Sinar Pagi. Rumah makan ini pun patut masuk dalam daftar wisata kuliner Medan kamu.

Soto yang di sajikan di rumah makan ini memiliki kuah kental yang kaya akan rempah. Terletak di Jalan Sei Deli, rumah makan ini selalu ramai oleh pengunjung ataupun wisatawan. Soto di Rumah Makan Sinar Pagi ini disajikan dengan potongan daging sapi, perkedel, rempeyek dan juga sambal kecap.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini