Sukses

16 Makanan Khas Jawa Tengah dengan Rasa Otentik, Bikin Nagih

Selain wisatanya yang indah, makanan khas Jawa Tengah juga tak boleh dilewatkan.

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas menjadi salah satu daya tarik yang begitu menggoda untuk dicicipi jika seseorang berkunjung ke suatu daerah. Kurang lengkap rasanya kalau sudah tiba di suatu tempat, tapi enggak mencoba makanan khasnya.

Setiap daerah, pasti memiliki cita rasa tersendiri sehingga setiap daerah memiliki tradisi kuliner yang berbeda-beda. Bagi wisatawan, mungkin ini merupakan suatu pengalaman tersendiri untuk mencoba merasakan makanan daerah tersebut.

Provinsi Jawa Tengah selain mempunyai tempat wisata yang keren, juga memiliki makanan khas daerah yang enak dan bikin ketagihan. Jawa Tengah terdiri dari beberapa daerah dan setiap daerah mempunyai makanan khasnya yang begitu menggoda lidah.

Berikut makanan khas Jawa Tengah yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (7/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Makanan Khas Jawa Tengah

1. Lumpia

Makanan khas Jawa Tengah dari Semarang ini cocok dimakan saat masih hangat, ditambah lagi dengan cabai. Isian dari lumpia khas Semarang ialah rebung (bambu muda). Namun di setiap daerah berbeda, ada yang telur, daging ayam, udang, ataupun sayuran.

2. Enting-enting gepuk

Kalau yang satu ini berasal dari Salatiga. Bahan dasarnya adalah kacang tanah yang digepuk atau ditumbuk kemudian dipadatkan. Tapi sebelumnya sudah dicampur dengan gula jawa dahulu agar semua menyatu.

3. Nasi gandul

Makanan khas Jawa Tengah asal Pati adalah Nasi gandul. Nasi yang disajikan di daun pisang dengan lauk daging sapi disiram kuah segar. Dijamin bikin kamu ketagihan.

4. Nasi tiwul

Makanan khas Jawa Tengah dari Solo ini berupa nasi liwet yang disajikan dengan potongan ayam dan labu siam.

3 dari 6 halaman

Makanan Khas Jawa Tengah

5. Rondo Royal

Makanan khas Jawa Tengah olahan tape singkong yang digoreng dengan adonan tepung. Rasanya manis, dan gurih. Pastinya unik banget karena tidak ada di daerah lain.

6. Soto Kudus

Makanan khas Jawa Tengah ini sesuai namanya, Soto Kudus adalah makanan khas Kota Kudus. Sekarang Soto Kudus ada banyak versi, ada yang pakai daging sapi dan daging ayam.

7. Getuk

Makanan khas Jawa Tengah ini adalah makanan yang bahan dasarnya singkong. Gethuk ini warna aslinya adalah putih, tapi sekarang sudah tersedia beragam warna agar lebih menarik.

8. Wajik

Wajik terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan menggunakan gula jawa. Biasanya rasanya manis karena memakai gula jawa yang menjadikan rasanya khas. Tetapi sekarang banyak wajik yang warnanya bermacam-macam, ada hijau, pink, merah dan warna lainnya. Kalau yang warna-warni pemanisnya bukan menggunakan gula jawa, tapi gula pasir.

4 dari 6 halaman

Makanan Khas Jawa Tengah

9. Mangut Beong

Makanan khas Magelang ini memiliki rasa yang lezat. Ya, masakan ini terbuat dari daging ikan beong yang tidak begitu lembut dan tidak mudah hancur diolah.

10. Brekecek

Brekecek merupakan makanan khas dari daerah Cilacap. Walaupun namanya agak aneh, tapi kalau udah nyicipin rasanya, mungkin kamu bakal ketagihan.

11. Nasi Grombyang

Nasi Grombyang yaitu nasi dengan kuah yang lebih banyak dari pada isinya, sehingga disebut grombyang-grombyang. Dan terdiri dari nasi, daging sapi dan kuah.

12. Getuk goreng

Getuk goreng adalah makanan khas daerah Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah. Rasa getuk goreng ini adalah manis-manis gurih. Bahan untuk membuat getuk goreng adalah singkong dan rasa manisnya berasal dari gula Jawa atau gula merah.

Getuk goreng ini pertama kali ditemukan secara tidak sengaja oleh Sanpirngad penjual nasi keliling pada tahun 1918. Selain nasi, dia juga menjual getuk, tapi getuk yang dijualnya tidak laku. Akhirnya, Sanpirngad memutar otak. Ia menggoreng gethuk yang tidak laku tadi. Ternyata, getuk yang digoreng tadi malah diminati oleh masyarakat.

5 dari 6 halaman

Makanan Khas Jawa Tengah

13. Jenang Kudus

Jenang Kudus ini biasanya dijadikan oleh-oleh khas ketika sedang bepergian ke Kota Kudus. Jenang Kudus penyajian penjualannya dalam bentuk memanjang dan dibungkus pula menggunakan plastik bening.

Kamu bisa membeli dalam kiloan atau yang sudah dimasukkan ke dalam kotak kemasan. Jenang Kudus ini memiliki rasa manis dan teksturnya legit. Kelezatan rasa dari jenang sudah tersebar luas bahkan hingga mancanegara

14. Mie Ongklok

Mie Ongklok merupakan mie yang direbus dan diracik bersama kol. Selain itu ada potongan daun kucai dan kuahnya menggunakan kanji, jadi lebih kental dari mie kuah biasanya. Kenapa diberi nama mie ongklok? Karena menggunakan ongklok atau semacam keranjang kecil yang terbuat dari anyaman bambu dan dipakai buat merebus mie ke dalam kuahnya.

 

6 dari 6 halaman

15. Garang Asem

Makanan khas Jawa Tengah ini berbahan dasar daging ayam yang dimasak bersama santan menggunakan daun pisang sebagai bungkusnya. Rasanya asam pedas.

16. Tempe Mendoan

Makanan khas Jawa Tengah yang satu ini sangat terkenal sekali di daerah Banyumas dan Purwokerto. Bahkan di sebagian warung yang ada di daerah Jawa Tengah sebagaian besar menjual gorengan tempe mendoan. Sampai sekarang orang Banyumas dan Purwokerto menyebut tempe yang digoreng tepung tapi sampai garing juga disebut mendoan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.