Sukses

Sebulan, Bus Wonderful Indonesia Beroperasi di Berlin Sambut ITB 2019

Bus-bus Wonderful Indonesia yang menampilkan beragam keindahan di Tanah Air akan beroperasi di Berlin, Jerman, menyambut Internationale Tourismus Borse 2019 (ITB 2019).

Liputan6.com, Jakarta - Selama sebulan bus-bus Wonderful Indonesia yang menampilkan beragam keindahan di Tanah Air akan beroperasi di Berlin, Jerman. Hal itu untuk mempromosikan pariwisata Nusantara menyambut digelarnya salah satu bursa pariwisata terbesar di dunia Internationale Tourismus Borse 2019 (ITB 2019) di Berlin.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggenjot upaya promosi dengan memanfaatkan jalur transportasi massal di negara itu yakni bus selama sebulan penuh, yakni 1-31 Maret 2019.

Dalam keterangan pers yang diterima Liputan6.com, Rabu, 6 Maret 2019, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menjelaskan bawha ITB 2019 adalah ajang berkumpulnya wholesellers, buyers dan sellers pariwisata dari seluruh dunia. Dengan memanfaatkan bus-bus yang beroperasi melayani berbagai rute sebagai alat untuk branding pariwisata Indonesia maka semua mata di Berlin akan memperhatikan Indonesia.

“Hasilnya bisa kita lihat, sangat menarik dan impresif dari foto-fotonya yang ditempel di badan bus. Buktinya banyak orang yang melakukan selfie dengan latar belakang bus-bus Wonderful Indonesia," kata Menpar Arief.

Beragam foto dan gambar destinasi yang menghiasi bus merupakan lokasi- lokasi yang selama ini menjadi favorit wisatawan mancanegara (wisman), di antaranya Borobudur Joglosemar, Pink Beach Komodo Labuan Bajo NTT, Gebogan Bali, Gandrung Sewu Banyuwangi, Bromo Jatim, Raja Ampat Papua Barat, Wae Rebo NTT, Pulau Padar NTT, dan Danau Toba di Sumatera Utara.

Langkah ini diambil, lanjut Menpar Arief Yahya, untuk mencuri perhatian mayoritas industri pariwisata dunia yang sedang berkumpul di Berlin. Terlebih para pelaku industri dari 180 negara di 5 benua, dengan 1.000 top buyers berkualitas, 10.000 peserta pameran, dan 160.000 pengunjung sedang berada di kota itu. Mereka dipastikan sudah hadir H-1 untuk mempersiapkan pameran, sekaligus mengeksplorasi destinasi wisata di Berlin.

Sejatinya, cara ini sudah dilakukan Menpar Arief Yahya sejak ajang EURO Cup 2016 di Prancis. Hal ini bahkan membuat kesan seolah-olah Wonderful Indonesia turut serta menjadi sponsor penyelenggaraan Piala Eropa. Ketika jutaan orang berkumpul di Paris, bus-bus yang beroperasi dan berkeliling di kota itu juga di-branding dengan gambar atraktif bertema Wonderful Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kemenpar, Nia Niscaya, yang mendampingi Menpar Arief Yahya dan Dubes RI untuk Jerman, Arif Havas Oegroseno menjelaskan pada 2013, Indonesia berkesempatan menjadi "partner country" pada upacara pembukaan ITB 2013. Indonesia telah mengambil peluang baik tersebut karena untuk menjadi negara mitra harus terlebih dahulu mengikuti bidding setahun sebelumnya.

“Keuntungannya, branding selama setahun sebelum ITB Berlin, bisa berpromosi di semua platform promosi ITB Berlin,” jelas Nia Niscaya.

ITB Berlin adalah pameran bisnis terkemuka untuk penawaran wisata global. Perusahaan yang diwakili dalam pameran tersebut meliputi hotel, tempat wisata, operator tur, penyedia sistem, maskapai penerbangan, dan perusahaan penyewaan mobil, dan industri lainnya yang terkait dengan 3A (Atraksi, Akses dan Amenitas).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.