Sukses

Orang Peka Ternyata Cenderung Lebih Pandai Berbohong

Yakin Anda masih mau punya pacar yang peka?

Liputan6.com, Jakarta - Peka dengan keadaan sekitar memang penting. Kebiasaan ikut merasakan apa yang dirasakan orang lain untuk menempatkan diri dan memutuskan dalam merespons kiranya esensial di sejumlah situasi.

Tindakan yang dinilai memanusiakan manusia ini nyatanya tak selalu datang bersama dampak baik. Dirangkumkan Fimela.com, penelitian menemukan bahwa orang yang punya kepekaan tinggi ternyata cenderung lebih pandai berbohong.

Penelitian yang dimuat dalam jurnal Personality and Individual Differences menemukan, hal itu bisa terjadi karena orang tersebut sering memikirkan perasaan orang lain. Demi menjaga kepentingan dan perasaan orang lain, maka tindakan berbohong dinilai penting untuk dilakukan.

Orang yang peka akan mengerti perasaan dan kebutuhan orang lain, sehingga peneliti membuat dugaan bahwa mereka lebih banyak melakukan kebohongan yang bermanfaat untuk orang lain atau demi melindungi orang lain.

Benar saja, lantaran hasil tes menunjukkan, kebohongan yang disampaikan orang peka melibatkan kepentingan orang lain. Uniknya, terkadang kebohongan ini masih bisa ditoleransi banyak orang, tergantung dari situasi dan kondisinya. (Febi Anindya Kirana/Fimela.com)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.