Sukses

6 Tempat Favorit untuk Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh

Pawai ogoh-ogoh biasa berlangsung meriah. Tapi, enam lokasi ini biasanya dipadati para turis.

Liputan6.com, Jakarta - Tradisi pawai Ogoh-ogoh jadi salah satu aktivitas yang tak bisa dipisahkan dari perayaan Hari Raya Nyepi. Pawai ogoh-ogoh berlangsung serempak sehari menjelang Nyepi.

Sebelum pawai dilakukan, pemerintah setempat mengeluarkan kebijakan agar acara tersebut berlangsung tertib dan lancar, seperti menentukan rute pawai, pemusatan titik keramaian, dan melombakan desain ogoh-ogoh.

Biasanya persiapan pawai dimulai sejak siang dan pawai akan berlangsung menjelang tengah malam. Berikut beberapa tempat untuk menyaksikan pawai ogoh-ogoh di Bali.

Alun-Alun Kota Denpasar

Pawai ogoh-ogoh bisa disaksikan di sekitar Patung Catur Muka Puputan. Tempat itu merupakan alun-alun Kota Denpasar. Dilansir dari antaranews.com, Rabu (6/3/2019), untuk wilayah Denpasar, Kuta dan Kuta Selatan akan diarak 1.026 ogoh-ogoh.

Monumen Ground Zero Kuta

Selain di alun-alun Kota Denpasar, pawai ogoh-ogoh juga dijumpai di Monumen Ground Zero Kuta, dengan rute Ground Zero-Jalan Raya Kuta-Jalan Singosari-Pantai Kuta-Ground Zero.

Jakarta

Sementara di Jakarta, umat Hindu Pura Wira Satya Bhuana pun menggelar pawai ogoh-ogoh di kawasan Petojo, Jakarta Pusat, Rabu (6/3/2019). Acara tersebut sebagai simbol agar energi negatif yang ada berubah menjadi energi positif.

Klungkung

Selain di Denpasar, pawai ogoh-ogoh juga bisa disaksikan di kawasan Klungkung. Pemerintah setempat bahkan menggelar lomba ogoh-ogoh untuk menyambut Hari Raya Nyepi. Lomba ogoh-ogoh ini adalah sosok Buthakala dengan ketinggian 6 meter.

Jembrana

Pawai ogoh-ogoh juga berlangsung di Jembrana, kabupaten yang terletak di ujung barat Pulau Bali. Selain menyambut Nyepi, pawai ogoh-ogoh juga untuk memperkenalkan sekaligus melestarikan budaya Bali.

Mataram

Selain di Bali, pawai ogoh-ogoh juga bisa disaksikan di jalan protokol Mataram, Nusa Tenggara Barat. Dilansir dari antara, Rabu (6/3/2019), umat Hindu di Mataram mengarak sebanyak 150 ogoh-ogoh yang dibuat oleh masing-masing banjar dari Kota Mataram, Kabupaten Lombok Barat, dan Kabupaten Lombok Tengah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.