Sukses

5 Cara Jitu Membangun Percaya Diri ala Maudy Ayunda

Liputan6.com, Jakarta - Maudy Ayunda kembali membuat berita. Lewat akun Instagramnya @maudyayunda,  ia mengunggah foto yang menyatakan bahwa dirinya diterima di universitas ternama yaitu Harvard University atau Stanford University. Namun, ia kini alami dilema. 

Kesuksesan itu tak lepas dari kepercayaan diri yang dimiliki perempuan berusia 24 tahun. Hal itu terlihat dari cara Maudy berbicara dan talenta yang dimilikinya. Lewat video di akun YouTube-nya, dia menjawab pertanyaan warganet bagaimana menumbuhkan rasa percaya diri. Liputan6.com merangkum beberapa cara tersebut.

Terlibat Aktif dalam Berbagai Kegiatan

Membangun kepercayaan diri memanglah tidak mudah, banyak orang sering gagal untuk menanamkannya dalam diri. Tapi di sini Maudy Ayunda memberikan caranya agar kita memiliki investasi untuk hidup. Cara yang dilakukannya adalah dengan mengikuti banyak aktivitas.

"Mengikuti banyak aktivitas di mana akhirnya kita bisa membangun self love, cinta ke diri kita sendiri atau kebanggaan untuk diri kita sendiri," ujar Maudy dalam video.

Abaikan Perkataan Buruk Orang Lain

Tidak perlu seperti orang lain, kepercayaan diri bisa dibangun dengan membuat diri menjadi apa yang membuat kita merasa nyaman untuk melakukannya. Jangan dengarkan apa yang dikatakan orang jika itu buruk untuk kita, ciptakan selalu kenyamanan.

"Kenapa aku akhirnya menjadi lebih nyaman sama diri aku sendiri adalah pada saat aku jadi obsessed banget with trying new thing (dengan mencoba hal baru). Jadi, aku selalu ngikutin teater, musical, sports, futsal, apa di mana akhirnya aku juga jadi pelan-pelan membangun diri sendiri," kata Maudy.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ampuh Tumbuhkan Rasa Percaya Diri

Melakukan yang Anda Sukai

Tekuni hal-hal yang Anda sukai untuk kepentingan masa depan. Begitu juga dengan Maudy, dia lebih banyak mengikuti aktivitas yang membuatnya semakin cinta dengan dirinya sendiri.

"Lakukan apapun yang bisa grow your own passion and make you proud of yourself (tumbuhkan gairahmu sendiri dan membuatmu bangga dengan dirimu sendiri)," ujar Maudy memotivasi.

Apabila kita terus menekuni apa yang kita suka, kita akan menuai prestasi dari apa yang sudah kita lakukan. Terus berkarya dan lakukan semua itu dengan sungguh-sungguh.

Pilih Lingkungan yang Tepat

Kadang di titik tertentu kita mulai bosan dan  tidak semangat. Di saat itu, kita harus melalui proses pemaksaan diri agar terus tumbuh.

Lalukan sesuatu yang bersifat positif dan dapat membuat kehidupan masa depan Anda menjadi terarah. Cara yang dilakukan Maudy agar selalu tumbuh adalah dengan memilih lingkungan yang tepat.

"Kalau ngomongin caranya disekelilingi orang-orang yang terus juga tumbuh dan terus berinvestasi dalam hidupnya," ujar pelantun lagu Perahu Kertas itu.

Banyak Belajar dan Menyerap Informasi

Percaya diri tidak tumbuh begitu saja. Maudy mengatakan bahwa dengan menyerap informasi dan membaca buku, Anda semakin dibuat sadar bahwa sebenarnya Anda belum tahu banyak tentang hal baru. Hal tersebut akan selalu membuat Anda berusaha untuk menjadi sukses seperti apa yang kita baca dalam buku.

Belajar mengenai hal baru yang belum Anda ketahui dapat menambah wawasan, dengan begitu akan tumbuh rasa percaya diri untuk terus maju. Tidak mudah puas dengan hasil yang kita capai dan selalu meningkatkan kemampuan dengan membaca. (Adinda Kurnia Islami)

Saksikan video pilihan di bawah:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.