Sukses

Ibu, Akar Kekuatan Loemongga Haoemasan Saat Dipandang Sebelah Mata

Loemongga Haoemasan awalnya dikenal sebagai model. Belakangan, ia membuktikan diri bisa berkarier di bidang properti dan bahkan semakin berkembang.

Liputan6.com, Jakarta - Terkenal sebagai model ternyata tak selalu menguntungkan bagi Loemongga Haoemasan. Istri Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita itu ternyata pernah mengalami kejadian tak menyenangkan saat bekerja kantoran.

Saat itu, ia baru merintis karier di dunia perbankan. Walau namanya sudah tenar saat itu, pengalaman minim di bidang kerja baru membuatnya sempat tak dianggap.

Salah satunya saat ia presentasi di hadapan para senior. Poin-poin yang disampaikannya di depan dianggap angin lalu karena para tamu sibuk mengobrol sendiri. Hal itu berlangsung beberapa lama.

"Akhirnya, karena persistent, apa pun tugas yang diberikan, dikerjakan dengan baik, lama-lama mereka bilang 'wah, orang ini bisa juga ternyata'," kata Loemongga dalam peluncuran Dove Zona Kuat, Selasa (5/3/2019).

Kekuatan untuk bangkit itu, kata dia, diperoleh dari ibunda. Loemongga menuturkan, ibunya merupakan panutannya selama ini. Sama-sama wanita pekerja, sang ibu mengerti tantangan yang dihadapi sang putri bukan untuk dikasihani, tetapi diatasi.

"Sepanjang saya kenal ibu, dia enggak pernah enggak kerja. Ia pernah bekerja bertahun-tahun di perusahaan ternyata perusahaanya bangkrut sehingga dia harus berhenti. Terus, dia coba usaha ini, itu, gagal, tapi dia enggak nyerah. Masa sih dari 10 percobaan, enggak ada satu yang berhasil," kata ibu tiga anak tersebut.

Karena didikan ibu, Loemongga menempa diri menjadi pribadi tangguh. Ia selalu meyakinkan dirinya percaya diri dalam kondisi apa pun. Kalau pun ada orang yang membicarakan buruk tentangnya, ia tak ambil pusing.

"It's not about you, it's about them. Yang bermasalah itu mereka yang ngomongin," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terinspirasi dari Teman Baru

Hal itu pula yang mengantarnya bisa memimpin perusahaan pengembang properti yang biasa membangun komplek apartemen dan kondominium. Perempuan kelahiran Bandung, 6 September 1973 itu sempat duduk sebagai direktur utama sebelum akhirnya menjabat CEO di perusahaan tersebut.

Bisnisnya semakin berkembang dengan merambah ke dunia kuliner. Restoran yang mengusung makanan tradisional Indonesia itu berlokasi di kawasan Jakarta Selatan sejak setahun lalu.

Kesibukannya kini semakin bertambah setelah sang suami menjabat sebagai Menteri Sosial menggantikan Idrus Marham. Ia pun mendapatkan lingkaran pertemanan baru yang disebutnya sangat inspiratif.

Pasalnya, kekurangan yang mereka miliki tak menghalangi mereka berprestasi. Ia menemui mereka yang difabel sukses menjadi entrepreneur dan bahkan dosen.

"Saya lihat kenapa bisa sukses, ternyata selalu ada unsur ibu. Ibu terus menyemangati, ibu jadi sumber kekuatan," kata dia.

Maka itu, ia yakin bila para ibu bisa membangun pondasi yang kuat bagi anak-anak mereka, ia tak khawatir anak-anak tersebut di masa depan akan mudah goyah. "Kalau akarnya kuat, mau diterpa angin segimana pun, masih sanggup berdiri."

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.