Sukses

Jenis Ikan Hias Air Tawar Kecil, Cocok Menghiasi Akuarium Ruang Tamu

Bisa mempercantik ruang tamu rumah anda.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki binatang peliharaan merupakan suatu hiburan tersendiri bagi pemiliknya. Selain itu, banyak penelitian yang menyatakan bahwa memelihara binatang dapat memberi banyak keuntungan bagi kesehatan.

Sebuah studi baru mengatakan bahwa hewan peliharaan dapat membantu meningkatkan pertumbuhan fisik dan kognitif anak. Selain itu hewan turut memberikan manfaat bagi mental dan kesehatan yang berpengaruh pada kehidupan profesional Anda di tempat kerja.

Salah satu hewan yang lazim dipelihara orang adalah ikan. Memelihara ikan hias memang menyenangkan. Sebagian besar jenis ikan hias air tawar mudah dirawat, mereka membawa keindahan dan warna di rumah Anda.

Memelihara ikan has juga memiliki banyak manfaat kesehatan seperti mengurangi stres dan menurunkan tekanan darah serta detak jantung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengenal Ikan Hias

Ikan hias adalah jenis ikan baik yang berhabitat di air tawar maupun di laut yang dipelihara bukan untuk konsumsi melainkan untuk dipelihara atau memperindah ruang tamu.

Ikan-ikan hias ini dipelihara untuk kesenangan, oleh karena itu bentuk, warna, ukuran, keserasian, dan kebiasaannya benar-benar harus diperhatikan. Salah satu jenis ikan hias yang sering dipelihara adalah jenis ikan hias air tawar.

Hampir 75% pasokan ikan hias air tawar di dunia berasal dari Indonesia, dan sekurang-kurangnya 363 jenis ikan hias air tawar dari Indonesia telah diekspor ke berbagai negara di dunia.

Jenis ikan hias air tawar adalah jenis ikan hias yang habitatnya di air tawar. Pemeliharaan ikan hias air tawar biasanya di akuarium atau di kolam.

Salah satu pakan alami bagi ikan hias air tawar yang masih kecil adalah rotifera, yaitu organisme yang mudah ditemui di daerah perairan payau, tawar, maupun laut yang dalam keadaan normal berkembang biak secara partogenesis atau bertelur tanpa kawin.

Ada berbagai macam jenis ikan hias air tawar yang dapat ditemui. Salah satu jenis ikan hias air tawar yang paling sering dipelihara adalah jenis ikan hias air tawar kecil. Ukurannya yang kecil membuat jenis ikan hias air tawar ini terlihat indah jika ditaruh di dalam ruangan.

Berikut jenis ikan hias air tawar kecil yang dapat menjadi pilihan Anda sebagai peliharaan sekaligus penghias ruangan dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber Selasa (5/3/2019),

3 dari 6 halaman

Mas Koki

Ikan mas koki atau Carassius auratus adalah jenis ikan hias air tawar kecil yang hidup di perairan dangkal dengan aliran air yang tenang dan berudara sejuk.

Ikan mas koki memiliki mata yang besar dan agak menonjol keluar, warna sisik bervariasi dari putih, metalik, merah, kuning, merah kekuningan, hijau, hitam atau gabungan dari warna-warna tersebut. Warna-warna pada tubuh ikan maskoki ditentukan oleh kandungan pigmen dalam tubuhnya.

Mas koki dipercaya sebagai ikan keberuntungan yang memberikan energi positif. Biasanya delapan ikan Mas koki dipelihara dengan satu ikan hitam untuk membuang sial.

Memelihara dua ikan Mas koki akan memberikan keseimbangan dalam hubungan Anda dan pasangan. Selain aspek keberuntungannya, ikan Maskoki juga dianggap sebagai ikan yang paling cantik dan atraktif.

 

4 dari 6 halaman

Cupang

Betta splendens atau di Indonesia lebih dikenal dengan nama ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar kecil yang dikenal keindahan siripnya.

Spesies ikan ini rupanya telah dibudidayakan sejak tahun 1970. Meski memiliki daya tahan tubuh yang kuat, ikan cupang tidak mempunyai gigi tajam dan sisik yang kuat.

Pada tutup insangnya, terdapat 2 garis vertikal berwarna merah. Ikan cupang memiliki berbagai macam perpaduan warna, di antaranya adalah hitam, merah putih, kuning, ungu, dan biru.

Ikan ini juga biasa dipelihara sebagai ikan aduan. Salah satu jenis ikan hias ini punya gerakan tubuh yang cukup agresif dan lebih suka menyerang ketika bertarung. Ikan ini juga dikenal memiliki umur yang panjang lho. Namun ikan ini merupakan ikan yang individualis dan tak dapat dicampur dengan ikan hias lain di satu akuarium.

5 dari 6 halaman

Komet

Jenis ikan hias komet adalah salah satu jenis ikan hias air tawar kecil yang dapat dipelihara di dalam rumah. Ikan ini cukup populer karena warna tubuhnya yang beraneka ragam dan gerak tubuhnya yang atraktif.

Tak seperti cupang, ikan komet merupakan ikan yang cukup ramah. Ikan ini dapat beradaptasi di segala lingkungan dan hidup berdampingan bersama jenis ikan lain di akuarium.

6 dari 6 halaman

Gupi

Ikan gupi merupakan salah satu ikan hias yang banyak dipelihara. Ukuran dari ikan gupi ini relatif kecil. Seekor gupi yang paling besar hanya berukuran 3 cm.

Pada dasarnya jenis gupi merupakan ikan liar yang dapat ditemui di selokan atau sungai. Namun jenis gupi hias berbeda dari guppy yang ada di sungai. Gupi hias memiliki bentuk dan warna fisik menarik. Keindahan guppy dapat dilihat dari sirip dan ekornya yang merumbai panjang mirip cupang.

Warna dari guppy cukup bervariasi. Gupi sangat mudah beradaptasi dan berkembang biak.gupi adalah ikan asli Amerika Tengah dan Selatan, menyebar di Kep. Barbados, Trinidad dan Tobago, Guyana, Antillen Belanda, Kep. Virgin, Brazilia, dan Venezuela.

Melalui jalur perdagangan dan lain-lain, ikan ini telah dibawa ke berbagai tempat di semua benua di dunia, dan kemudian meliar di perairan-perairan bebas. Gupi dimasukkan ke Indonesia sebagai ikan hias pada sekitar tahun 1920an, namun kemudian terlepas atau dilepaskan ke perairan bebas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini