Sukses

Selamat, Indonesia Jadi Tuan Rumah Pelatihan Barista Dunia

Pelatihan barista itu digelar menyambut World Barista Championship di Boston, Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jakarta - Kompetisi barista sedunia, World Barista Championship akan diselenggarakan pada April 2019 di Boston, Amerika Serikat. Sebelum maju ke medan lomba, para barista dunia ini akan menerima pelatihannya yang bertajuk Champions' Hub di Indonesia pada 5-6 Maret 2019.

Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah pelatihan barista dunia ini tak lepas dari campur tangan Simonelli Group, pemimpin pasar mesin kopi dunia. Grup ini merupakan pemrakarsa Champions' Hub.

Simonelli Group merupakan perusahaan kopi mesin kopi yang berpusat di Italia. Ajang pelatihan ini diselenggarakan untuk yang kedua kalinya, di mana kegiatan perdananya pada 2018 lalu diselenggarakan di Belforte, Italia.

"Perusahaan ini juga memiliki cabangnya di Indonesia, karena itu Champions' Hub 2019 akan diadakan di sini," ungkap Stephanie Wibisono, Brand Manager Nuova Simonelli dan Victoria Arduino dalam jumpa pers yang diselenggarakan di PT. Toffin Indonesia, Pluit, Jakarta Utara, Senin (4/3/2019).

Kegiatan pelatihan barista sedunia ini akan difasilitasi oleh PT Toffin Indonesia. "Perusahaan ini juga memiliki kontribusi dalam memajukan industri kopi di Indonesia," lanjut Stephanie.

Kontribusi yang dimaksud tersebut berupa penyediaan mesin kopi berkualitas. "Kami berkomitmen untuk mendukung keahlian para barista melalui produk mesin kopi yang ditawarkan," tuturnya. Menurut Stephanie, mesin kopi yang tepat merupakan salah satu kunci keberhasilan seorang barista.

Di sisi lain, kemajuan industri kopi di Indonesia terbilang pesat seiring banyak orang yang meminum kopi sebagai bagian dari gaya hidup. Hal itu terlihat dari bisnis kedai kopi di Indonesia yang berkembang hingga bisa menjadi tempat yang multifungsi. Hal ini pun disetujui oleh Maurizio Giuli, Kepala Departemen Pemasaran dan Komunikasi Simonelli Group.

"Kedai kopi tak hanya digunakan untuk mengecap nikmatnya minuman berkafein tersebut, tapi juga dijadikan sebagai tempat pertemuan," kata Maurizio.

Mikael Jasin, perwakilan Indonesia dalam ajang Champions' Hub berpendapat bahwa momen ini merupakan kesempatan emas bagi barista Indonesia. "Ajang ini bisa menjadi momen untuk mengukur kemampuan barista dunia sebelum tanding ke World Barista Championship," ujarnya.

Melalui kegiatan ini, pemenang Indonesia Barista Champion 2019 ini berpendapat bahwa para kompetitor bisa menggali ilmu serta sarana refleksi diri. "Harapannya, pelatihan bertaraf internasional seperti ajang ini semakin sering digelar di Indonesia," tutupnya. (Esther Novita Inochi)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.