Pemotretan di Jalan Berlumpur yang Viral, dari Sepi Sampai Harus Lari Menepi

Oleh Henry Hens pada 03 Mar 2019, 19:00 WIB
Diperbarui 04 Mar 2019, 21:14 WIB
Jalan Berlumpur

Liputan6.com, Jakarta - Hasil karya fotografer Robby Ari Sanjaya, menjadi viral, setelah menampilkan lokasi jalan berlumpur dan rusak sebagai obyek foto model. Foto-foto tersebut, diunggah Robby di akun Instagram miliknya.

Sampai akhirnya mendapatkan tanggapan dari warganet karena protes jalan rusak yang disampaikan oleh Robby termasuk unik, kreatif dan menggelitik. Fotografer asal Batumarta, Sumatera Selatan, bukan tanpa pertimbangan memilih jalan berlumpur untuk dijadikan latar foto.

Robby mengaku kalau foto tersebut dibuatnya sebagai bentuk protes dan luapan emosi karena jalan di Kecamatan Batumarta, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, tak kunjung diperbaiki selama kurang lebih empat tahun. Akibatnya, kerusakan jalanan tersebut semakin parah dan kalau hujan lebat turun bisa menimbulkan genangan air yang parah dan bahkan berlumpur.

"Jadi saya tiap hari lewat jalan sini, rumah saya di Batumarta dan saya kerja di Baturaja, sudah lama jalannya rusak tapi nggak diperbaiki. Banyak orang yang tiap hari merasakan sulitnya lewat jalan ini," tutur Robby saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (3/3/2019).

Jalan Berlumpur
Foto jalan berlubang dan berlumpur di Sumatera Selatan. foto: Robby Ari Sanjaya

"Dari situ terpikirkan buat konsep tersebut, awalya untuk menghibur, tapi nggak menyangka bisa jadi viral begini. Pemotretannya sendiri dari jam 7 pagi sampai 12 siang, ada enam model yang saya potret di sini. Mereka juga sering lewat jalanan itu jadi mereka semangat ikut pemotretan meski aslinya bukan foto model hahaha," sambungnya.

Menurut Robby, enam orang model tersebut tidak datang dalam waktu bersamaan karena masing-masing punya kesibukan sendiri. "Ada Dessy, dia ini seorang penari, dia belum pernah jadi model. Lalu ada Putri, dia ini biasa mengurus makeup pernikahan, dia baru datang setelah kerjaannya selesai," ujar Robby.

Kondisi jalan yang penuh genangan air dan lumpur setelah sebelumnya turun hujan deras, membuat Robby semakin mantap melakukan proses pemotretan pada Minggu, 24 Februari 2019.Para modelnya pun tak kalah semangat mengikuti pemotretan, termasuk Putri yang harus rela mandi lumpur.

2 of 2

Senang dan Bannga Mandi Lumpur

Jalan Berlumpur
Putri, salah seorang model foto jalan berlubang dan berlumpur di Sumatera Selatan. foto: Robby Ari Sanjaya

"Wah rasanya luar biasa senang banget dan bersyukur. Karena dari awal kita nggak nyangka bisa jadi viral dan dapet banyak respons. Saya nggak masalah harus mandi lumpur hahaha, justru senang dan bangga bisa mewakili suara masyarakat Batumarta dan sekitarnya," tutur Putri yang mengaku pernah terjatuh di jalanan rusak tersebut.

Konsep pertama yang dipotret adalah seorang pria sedang duduk sambil membaca koran di jalanan yang penuh lubang tersebut. Foto tersebut diambil saat kondisi jalanan masih agak sepi. Setelah agak ramai, sudah banyak motor dan mobil yang lalu lalang. Beberapa dari mereka sempat berhenti untuk melihat proses pemotretan dan hampir semua memberi dukungan.

"Ada beberapa momen yang memang disengaja diambil saat ada mobil lewat, salah satunya saat mereka lari menepi pas ada mobil truk lewat,” terang Robby.

Kini setelah menjadi viral, Robby dan para modelnya dan tentunya masyarakat sekitar yang melalui jalan Batumarta dan Baturaja, tentunya berharap mendapat tanggapan dari pemerintah setempat dan jalanan penuh lubang dan berlumpur itu akan segera diperbaiki.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓