Anda Ingin Bahagia? Banyak Makan Buah dan Sayur

Oleh Henry Hens pada 05 Mar 2019, 06:45 WIB
Makan Buah dan Sayur

Liputan6.com, Jakarta - Apa benar dengan banyak makan buah dan sayur hidup kita bisa bahagia? Benarkah semudah itu? Kenyatanya memang begitu. Sayur dan buah tak hanya mengandung banyak sekali nutrisi yang akan membuat tubuh Anda jadi sehat.

Menurut penelitian, dengan makan buah dan sayur dalam porsi cukup ternyata bisa meningkatkan kreativitas, produktivitas, rasa ingin tahu dan semangat.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh British Journal of Health Psychology mengungkapkan bahwa penelitian yang dilakukan kepada 405 partisipan selama 13 hari menunjukkan sayur dan buah membuat hidup mereka makin bahagia.

Orang yang banyak sayur dan buah ternyata punya level emosi positif yang lebih tinggi yang berpengaruh pada keterlibatan sosial dan kreativitasnya sehingga mereka jadi lebih produktif.

Para peneliti menduga bahwa kandungan vitamin C pada buah dan sayur merupakan faktor yang memproduksi banyak dopamine dalam tubuh. Dopamine ini adalah neurotransmiter yang meningkatkan motivasi dan keterlibatan sosial.

Bukan itu saja, buah dan juga sayuran sangat kaya akan antioksidan yang bisa mengurangi radang dan melawan depresi. Terkesan terlalu mudah dan sederhana? Memang begitu adanya.  Faktanya, banyak dari kita yang jarang dan bahkan makan buah dan sayur.

Jadi, mulai dari sekarang, sebaiknya perbanyak konsumsi buah dan sayur agar Anda punya emosi yang positif dan lebih bahagia dalam menjalani kegiatan sehari-hari.  (Ivana Okta/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini: