Belum Punya Agenda Liburan? Ini 6 Rekomendasi Liburan di Tanggal Merah dan Long Weekend 2019

Oleh Gilar Ramdhani pada 05 Mar 2019, 22:18 WIB
Diperbarui 05 Mar 2019, 22:18 WIB
Belum Punya Agenda Liburan? Ini 6 Rekomendasi Liburan di Tanggal Merah dan Long Weekend 2019
Perbesar
Mengingat pilihan yang terbatas, perlu perencanaan matang sejak jauh-jauh supaya bisa cari tiket dan akomodasi yang sesuai budget.

Liputan6.com, Jakarta Tahun 2019 sudah berjalan dua bulan lho guys. buat kamu yang belum punya agenda liburan, segera rencanakan dari sekarang biar tidak menyesal belakangan. Sebab memasuki bulan Maret 2019, jumlah tanggal libur diluar hari Sabtu-Minggu dan rekomendasi cuti untuk traveling tinggal 7 pilihan.

Mengingat pilihan yang terbatas, perlu perencanaan matang sejak jauh-jauh supaya bisa cari tiket dan akomodasi yang lebih serta banyak keluarga maupun sahabat yang bisa ikutan. Berikut 6 daftar tanggal merah dan long weekend beserta rekomendasi wisata di tahun 2019.

1. 7 - 10 Maret 2019

Bulan Maret 2019, ada tanggal merah pada Kamis, 7 Maret 2019 dalam rangka Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1941. Jadi, kamu bisa manfaatkan waktu tersebut untuk mengambil cuti 1 hari sehingga bisa liburan selama 4 hari 3 malam sampai tanggal 10 Maret 2019.

Bulan Maret, sepertinya menarik kalau mengunjungi DI Yogyakarta. Banyak tempat wisata baru yang hits, kekinian dan instagramable yang bisa kamu kunjungi. Selama libur tanggal tersebut kamu bisa mengunjungi berbagai destinasi menarik seperti Kaliadem, Kalibiru, Taman Pelangi, Air Terjun Kedung Pedut, Pantai Indrayanti, Hutan Pinus Mangunan, Gemuk Pasir hingga destinasi paling eksotis Candi Borobudur.

2. 18 - 21 April 2019

Bulan April 2019, ada peringatan hari Wafat Isa Al Masih yang jatuh pada Jumat, 19 April 2019. Supaya akhir pekan kamu cukup panjang, kamu bisa mengambil cuti 1 hari di tanggal 18 sehingga kamu bisa menikmati akhir pekan cukup panjang selama empat hari, yakni pada 18 - 21 April 2019.

Bulan April, sepertinya bakal sangat berkesan kalau liburan ke negeri laskar pelangi, Belitung. Panorama alam dan pantai-pantai di Belitung tak perlu diragukan lagi keindahannya. Kamu bisa mengunjungi Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tangjung Kelayang, Pulau Lengkuas, hingga Pulau  Pasir. Tak lupa kunjungi juga replika sekolah anak-anak Laskar Pelangi, museum Kata, dan nikmati berbagai kuliner laut yang lezat.

3. Mei dan Juni 2019

Seperti yang diketahui bersama, Puasa Ramadan dan Lebaran jatuh di bulan Mei dan Juni. Bagi yang menjalankan puasa Ramadan, bulan ini tentu kurang pas untuk liburan. Namun, jadi bulan yang baik jika kamu memilih untuk melaksanakan umroh. Kapan lagi menikmati suasana Ramadan di Mekkah tahun ini kalau tidak pas bulan Mei dan Juni. Pokoknya, di bulan-bulan ini fokus pada ibadah ramadan.

Memasuki musim mudik dan lebaran 30 Mei - 9 Juni 2019, tentunya liburan yang pas adalah di kawasan wisata yang dekat dengan kampung halaman. Buat kamu yang mudik ke Jawa, tentu kawasan Surabaya, Malang, dan Batu bisa dijadikan pilihan karena banyak destinasi keluarga menarik yang dikunjungi. Seperti di Surabaya ada Atlantis Land, Food Junction, Surabaya Night Carnival, Jatim Park (1, 2, dan 3), Museum Angkut hingga Batu Night pectacular. Sebaliknya yang lebaran ke arah barat Jawa bisa menjadikan Jakarta dan Bogor sebagai tujuan liburan.

4. 16 - 18 Agustus 2019

Di bulan Agustus ini ada tanggal merah dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus. Bagi kamu pecinta alam dan para pendaki yang ingin menikmati upacara hari kemerdekaan suasana pegunungan, bisa mengunjungi destinasi wisata seperti Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Beberapa destinasi yang perlu kamu kunjungi, di antaranya Bukit Dingklik, Bukit Cinta, Bukit Kongkog. Kemudian berfoto di indahnya bukti teletubbies dan melihat indahnya kawah Bromo.

Untuk rekomendasi liburan bukan nuansa pegunungan, kamu bisa agendakan liburan ke kota kembang, Bandung. Banyak sekali destinasi wisata yang bisa kamu nikmati selama di Bandung seperti wisata kuliner, wisata alam di kawasan Lembang dan Ciwidey.

5. 10 - 13 Oktober 2019

Tak ada tanggal merah di bulan ini, tapi karena sudah ingin liburan mau tak mau harus ajukan cuti. Kamu bisa pilih tanggal 10-13 Oktober 2018. Oktober juga termasuk low season? tak cuma sepi dari wisatawan, tiket pesawat dan hotel juga lebih murah!

Rekomendasi liburan yang menarik mulai dari Bali, Lombok, hingga Labuan Bajo. Banyak wisata pantai dan pulau-pulau yang bisa kamu kunjungi dan dipastikan bikin rileks pikiran.

6. 21 Desember 2019 - 1 Januari 2020

Bulan Desember ada Hari Raya Natal dan cuti bersama termasuk libu perayaan tahun baru. Kamu bisa ambil cuti dan liburan dari tanggal 21 Desember 2019 sampai 2 Januari 2020. Waktu yang sangat panjang sekali untuk melakukan liburan dan jalan-jalan seru bersama pasangan dan keluarga.

Kamu bisa kunjungi Raja Ampat, Morotai, Derawan, Batam hingga Danau Toba guys. Kalau belum masih penasaran dengan Bandung, Yogyakarta, Malang, dan Bali, kamu pun bisa balik lagi ke kota-kota tersebut.

Nah, itulah 6 rekomendasi liburan di tanggal merah dan long weekend 2019. Segera cek harga tiket dan penginapan serta travel agent kalau kamu membutuhkan pemandu wisata. Untuk transportasi darat menuju destinasi wisata pastikan kamu request kendaraan yang nyaman dan tangguh seperti jajaran kendaraan dari Toyota.

Toyota Hiace kerap menjadi andalan pengusaha travel dan transportasi wisata, bukan tanpa alasan karena micro bus ini telah dilengkapi berbagai fitur untuk menunjang kenyamanan, seperti berupa suspensi yang lembut, rendah bising dan minim getaran.  Dari sisi konsumsi bahan bakar pun Toyota Hiace lebih menguntungkan dan lebih irit dari sisi biaya operasional lebih murah dan menguntungkan dalam jangka panjang.

Nah, untuk tingkat kenyamanan yang lebih tinggi lagi Toyota memiliki varian bernama New Hiace Luxury. New Hiace Luxury dikembangkan dengan konsep mewah dan mengutamakan kenyamanan ekstra. New Hiace Luxury  memiliki perbedaan baik dari sisi desain eksterior maupun interior dibandingkan Hiace Standard dan Commuter.

 

(Adv)