Sukses

4 Daerah Wisata Alternatif di Japan Travel Fair 2019

Mana saja daerah wisata alternatif di Japan Travel Fair 2019? Simak ulasan di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta - Jepang semakin gencar mempromosikan wisata di Indonesia. Diinisiasi Japan National Tourism Organization, ajang Japan Travel Fair digelar ke 11 kalinya dimulai hari ini Jumat (1/3/2019) hingga Minggu, 3 Maret 2019, di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

Kali ini, JTF menghadirkan empat daerah wisata alternatif selain Tokyo, Osaka, dan Kyoto. Daerah itu meliputi Chugoku, Chubu, Hokkaido, dan Kyushu.

Direktur Eksekutif JNTO Jakarta Izumi Amano menerangkan alasan pemilihan keempat tempat itu lantaran banyak wisatawan dari Indonesia bukan sekali datang ke Jepang. Selain itu, keempat daerah tersebut cocok untuk turis Indonesia karena muslim friendly.

"Empat daerah ini adalah kandidat paling baik, cocok, dan menyenangkan buat turis Indonesia," kata Izumi dalam peluncuran Japan Travel Fair 2019, Jumat (1/3/2019).

Sebagai contoh, kata dia, Kota Otaru dan Sapporo di Hokkaido. Beberapa lokasi menyediakan tempat salat bagi umat muslim yang ingin beribadah. Begitu pula keberadaan menu ramah muslim di sejumlah restoran.

Tempat lainnya Chugoku. Menurut Izumi, tempat itu sangat gencar mempromosikan fasilitas muslim friendly. Begitu pula Chubu, di sekitar kawasan Nagoya, Tateyama, dan Shirakawa-go banyak area yang ramah muslim.

Tentu, wisatawan Indonesia tak hanya mencari tempat yang muslim friendly, tetapi juga yang bisa memuaskan keinginan. "Setiap tahun jumlah wisatawan Indonesia ke Jepang memang bertambah. Yang paling dicari pertama itu adalah makanan, kedua tempat yang cantik, Instagramable," katanya lagi.

Hingga akhir Februari 2019, jumlah turis Indonesia yang berkunjung ke Jepang mencapai 30 ribuan. Sementara pada tahun lalu, total wisatawan dari Indonesia ke Jepang mencapai 400 ribuan orang atau meningkat 12 persen dari tahun sebelumnya.

"Kami berharap tingkat kunjungan turis dari Indonesia meningkat," katanya.

Sementara itu, Jepang untuk pertama kalinya mendapatkan tingkat kunjungan turis mancanegara lebih dari 30 juta pada tahun kemarin, atau meningkat 8,7 persen dari sebelumnya. Negeri Sakura itu berharap angka kunjungan mencapai 40 juta pada 2020.

"Hal itu akan menjadikan Jepang sebagai negara yang paling ingin dikunjungi di seluruh dunia," kata Keiichi Ono, Deputi Chief Mission/Minister Embassy of Japan di Indonesia.

Indonesia termasuk salah satu negara terpenting bagi pengembangan industri wisata Jepang. Dengan akan diselenggarakannya Olimpiade dan Paralimpiade di Tokyo Jepang pada 2020, ia berharap semakin banyak orang yang berkunjung ke Jepang, baik untuk wisata atau berbisnis.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.