Sukses

6 Destinasi Wisata Pulau yang Ada di Sumatera Barat

Pulau Mandeh adalah salah satu destinasi wisata pulau di Sumatera Barat yang banyak dikunjungi wisatawan. Lalu apa lagi?

Liputan6.com, Jakarta - Sumatera Barat merupakan provinsi di Pulau Sumatera yang berada di pesisir selatan.  Provinsi yang sering disingkat Sumbar berada di barat Bukit Barisan sehingga memiliki bentuk geografis yang bergelombang berupa perbukitan dan pegunungan.

Sumatera Barat memang menyimpan banyak destinasi wisata yang banyak di kunjungi wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Tidak hanya terkenal dengan wisata kuliner hingga Rumah Gadang, daerah ini juga terkenal dengan keindahan pulaunya. Berikut enam destinasi wisata pulau yang ada di Sumatera Barat yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pulau Pamutusan 

Pulau Pamutusan terletak di Bungis Teluk Kabung, berjarak sekitar 38 Kilometer dari Kota Padang. Anda bisa menggunakan kendaraan bermotor dan memakan waktu kurang lebih 90 menit hingga 2 jam. Perjalanan yang cukup jauh ini akan terbayar dengan keindahan Pulau Pamutusan.

Pulau ini memiliki pasir putih yang halus dan dikenal dengan pemandangan bawah laut yang memang cukup tersohor. Anda bisa menyaksikan sendiri jika berkunjung ke pulau ini akan melihat berbagai biota laut dan terumbu karang saat snorkeling.

Kalau ingin menikmati keindahan salah satu pulau di Sumatera Barat ini dengan lebih jelas, Anda bisa naik ke atas bukit untuk bersantai. Di atas Anda akan melihat di pulau-pulau kecil yang ada di sekitar pulau ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pulau Sikuai

Pulau Sikuai adalah salah satu rekomendasi yang patut Anda kunjungi kalau berlibur di Sumatera Barat. Pulau ini berada sekitar setengah mil laut dari Kota Padang. Tepatnya, di Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang.

Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang asri dan barisan pepohonan di pinggir pantai dipadu dengan tenangnya riuh air laut. Tempat ini juga dilengkapi dengan pemandangan bawah laut yang akan 'merayu' Anda untuk berlama-lama. Kalau ingin bersantai, Anda dapat mengistirahatkan badan sejenak dengan menyaksikan momen matahari terbenam di tepi pantai.

Atau, jika tenaga Anda masih cukup, ada sebuah tempat yang disebut puncak pulau. Berbentuk seperti bukit yang dapat Anda naiki selama 30 hingga 50 menit. Di puncak ini, siluet cahaya matahari tenggelam ke dalam garis ujung laut sungguh menawarkan kenangan yang akan selalu membuat Anda rindu ingin kembali berlibur di Pulau Sikuai.

3 dari 4 halaman

3. Pulau Angso Duo

Pada umumnya wisatawan yang mengunjungi Sumatra Barat lebih senang datang ke kawasan Mandeh maupun Padang, namun sebenarnya daerah Pariaman juga memiliki sejumlah potensi alam yang memukau. Untuk bisa mencapai Pariaman, Anda harus melakukan perjalanan darat sekitar satu jam dari Padang. Dari sini, perjalanan menuju Pulau Angso Duo akan membawa Anda melewati sejumlah pantai seperti Cermin, Kata, dan Gandoriah.

Pulau ini memiliki keindahan bawah laut yang sangat memesona dengan keanekaragaman terumbu karang, ikannya yang bervariasi dan air lautnya yang jernih. Hamparan pasir putih yang halus, serta deretan pohon kelapa, menambah sejuk suasana. Ini yang menjadikan wisatawan domestik dan mancanegara banyak berlibur ke Pulau Angso Duo.

4. Pulau Mandeh

Pulau Mandeh sering disebut sebagai 'Raja Ampat di Sumatera Barat'. Untuk melihatnya, Anda harus naik ke puncak Mandeh yang letaknya di Dermaga Tarusan.

Kawasan Mandeh merupakan perpaduan perbukitan yang alami dengan keindahan teluk yang dihiasi dengan gugusan pulau-pulau kecil yang berada di bagian tengah Teluk Carocok Tarusan. Alasan utama kenapa Pulau Mandeh seperti Raja Ampat karena adanya spot menyelam dan pemandangan pantai yang sangat menarik. 

4 dari 4 halaman

5. Pulau Pasumpahan

Ini sebuah pulau kecil yang tenang dan memiliki pasir putih dengan pemandangan yang sangat eksotis. Inilah Pulau Pasumpahan, yang berada di perairan kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang provinsi Sumatera Barat. Di pulau ini Anda akan seperti dimanjakan dengan panorama alam yang sangat indah.

Selain pantainya yang berpasir putih, air laut yang bening dan pemandangan laut lepas yang eksotis menjadi daya tarik tersendiri dari pulau ini.  Bagi yang menyukai snorkeling, pulau ini memiliki keindahan bawah laut yang menawan. Pemandangannya masih asri dan terumbu karang yang masih terjaga menjadikan aktivitas snorkeling di pulau ini menjadi sangat menyenangkan.

6. Pulau Cubadak

Pulau Surga atau Paradise Village, begitulah orang-orang menyebut Pulau Cubadak. Di sisi lain pulau ini juga dikenal dengan sebutan “The Paradise Of South”. Sebutan ini datang dari para wisatawan asing yang singgah ke pulau tersebut.  Pulau ini terletak di kabupaten Pesisir Selatan, dan terletak di Kawasan Wisata Mandeh dengan jarak sekitar 40 kilometer di sebelah selatan kota Padang.

Jika Mentawai dikenal sebagai surganya para peselancar, maka Pulau Cubadak Padang ini adalah surga bagi para pencinta diving dan snorkeling. Kondisi perairannya yang tenang, bersih, dan jernih membuat panorama bawah laut di pulau ini menarik untuk dieksplor.

Selain itu, ada area hutan lebat yang dihuni banyak jenis hewan. Mulai dari babi, monyet, ular, rusa, dan beberapa hewan liar hutan lain serta berbagai jenis satwa burung. (Indah Permata Niska)

Saksikan video pilihan di bawah ini :

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.