Sukses

Warna Penghilang Insomnia yang Cocok untuk Kamar Tidur

Ada warna yang menenangkan, ada warna yang membangkitkan semangat. Pilihlah yang tepat untuk kamar tidur Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Rahasia tidur yang nyenyak umumnya terletak pada ruangan yang gelap atau suasana kamar yang sunyi. Selain kedua faktor tersebut, warna cat yang dipakai ternyata bisa memengaruhi kualitas tidur Anda.

Tidak hanya mempercantik kamar tidur Anda, warna cat juga bisa membawa perasaan kantuk yang akhirnya membuat Anda tertidur. Karena itu, Anda harus tahu warna yang cocok untuk diterapkan di kamar tidur sehingga tidur Anda menjadi berkualitas.

Melansir laman tuck.com, warna biru sangat cocok diterapkan di kamar tidur Anda. Biru sering dikenal sebagai warna yang tenang sehingga membuat Anda merasa rileks. Ketika kita melihat warna tersebut, detak jantung dan tekanan darah otomatis akan bergerak pelan sehingga memunculkan perasaan nyaman dalam tubuh.

Menurut survey yang dilakukan oleh Travelodge, orang yang kamarnya berwarna biru bisa tidur selama 7 jam dan 52 menit setiap harinya. Tak hanya itu, mereka juga bangun dengan perasaan yang lebih bahagia.

Selain biru, ada empat warna lain yang bisa membantu tidur dengan waktu yang cukup, yaitu kuning, hijau, perak dan jingga. Orang yang memiliki kamar tidur bernuansa hijau akan bangun dengan perasaan yang positif.

Warna perak atau putih bisa dipilih bila Anda tidak ingin kamar Anda penuh warna. Sementara, jingga dinilai sebagai warna yang hangat dan bisa membantu sistem pencernaan Anda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warna yang Buruk untuk Kamar

Anda juga harus mengetahui warna-warna yang tidak dianjurkan di kamar tidur. Pasalnya, warna-warna ini akan membuat tidur Anda tidak nyenyak dan kurang dari 7 jam per malamnya.

Warna ungu harus dihindari untuk diaplikasikan di kamar tidur Anda. Orang yang memakai warna ini hanya bisa tidur selama 5 jam 56 menit. Warna ini bisa membuat Anda bermimpi buruk, karena ungu sering dikaitkan dengan kesan horor.

Abu-abu juga harus dihindari di kamar tidur, sebab warna ini identik dengan perasaan stress dan kurang terinspirasi. Begitu pula dengan coklat yang membawa kesan kelam tetapi nyaman. Akhirnya, Anda akan memiliki jam tidur yang kurang karena memikirkan pekerjaan atau masalah Anda.

Terakhir, Anda harus menghindari warna merah. Warna yang dikaitkan dengan perasaan semangat ini justru akan meningkatkan tekanan darah Anda. Akibatnya, Anda justru akan merasa lebih aktif dan malah merasa tidak ingin tidur. (Esther Novita Inochi)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.