Mengapa Ibu Hamil Merasa Kedinginan?

Oleh Asnida Riani pada 06 Mar 2019, 05:00 WIB
Diperbarui 06 Mar 2019, 05:00 WIB
Ilustrasi hamil
Perbesar
Ilustrasi perempuan yang sedang hamil. (dok. unsplash/Alice02/Indah Permata Niska)

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak gangguan yang dialami wanita yang sedang hamil. Salah satunya adalah pergelangan kaki yang membengkak dan merasa kedinginan saat hamil.

Apakah hal ini normal? Pasalnya, wanita umumnya mengalami kepanasan saat hamil mengingat perubahan fisik yang semakin membesar sehingga meningkatkan suhu tubuh. Lalu, apa yang jadi penyebab wanita kedinginan saat hamil? Berikut rangkumannya seperti dilansir dari laman Yourtango.com.

1. Aliran Darah

Wanita hamil bisa merasakan kepanasan dan kedinginan sekaligus saat masa kehamilan. Menurut dr. Mary Jane Minkin, yang duduk di Dewan Pendidikan Kesehatan Vagina dan Seksual Amerika Serikat, alasan perempuan hamil kepanasan adalah karena mereka memompa sekitar 1 hingga 1 1/2 kali lebih banyak pada akhir kehamilan.

"Karena itu pembuluh darah wanita biasanya melebar, dan justru bisa kehilangan lebih banyak panas saat pembuluh yang melebar (sehingga kedinginan)."

2. Tiroid

Terlalu sering kedinginan bisa jadi tanda hipotiroidisme. Artinya, kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon tiroid.

Penulis buku PCOS SOS: A Gynecologist's Lifeline To Naturally Restore Your Rhythms, Hormones and Happiness, dr. Felice Gersh, menyebut stres yang dialami ibu hamil bisa menurunkan kadar tiroid dalam tubuh. Selain kedinginan, wanita hamil yang terindikasi kekurangan hormon tiroid akan mengalami kerontokan rambut, stres, merasa lelah, kuku rapuh, dan kulit kering. 

Jangan diabaikan. Jika terjadi terus menerus, hal itu dapat memperlambat perkembangan janin. 

3. Morning sickness 

Pada awal kehamilan, beberapa wanita akan sering mengalami mual di pagi hari dantidak dapat makan sebanyak yang mereka mau. Ini akan mengakibatkan kekurangan energi sehingga tubuh tidak bisa cukup hangat. Berat badan yang tidak ideal atau kurang dari normal juga menjadi faktor anda mengalami kedinginan saat hamil.

4. Anemia

Perubahan besar dalam tubuh perempuan terjadi saat hamil, dan seringkali melibatkan masalah aliran darah. Bisa jadi ketika kamu kekurangan zat besi, yang berarti anemia, hal itu bisa membuat ibu hamil merasa kedinginan.

5. Penyakit Raynaud

Cek tingkat warna biru di jari-jari. Semakin gelap, itu bisa menandakan masalah lebih serius terjadi. dr. Gersh mengatakan hal itu menjadi sinyal fenomena Reynaud. "Itu adalah kondisi autoimun yang ditandai dengan buruknya sirkulasi pada jari dan menyebabkan kedinginan, jari-jari membiru," ujarnya. (Indah Permata Niska)

Saksikan video pilihan di bawah ini :

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya