Sukses

Pentingnya Bicarakan Uang Sebelum Menikah

Masalah uang perlu dibicarakan bagi mereka yang memutuskan untuk menikah. Apa alasannya?

Liputan6.com, Jakarta - Tak sedikit orang yang lupa, ada hal-hal mendasar yang perlu dibicarakan sebelum memutuskan menikah. Tak sekadar karena adanya perasaan cinta. Hal tersebut adalah masalah uang dan tak bisa dianggap remeh hingga akhirnya terabaikan.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan aplikasi Acorns pada 2017 lalu terungkap, 68 persen dari 3.010 responden mengatakan bahwa mereka lebih baik membicarakan tentang berat badan ketimbang berapa banyak uang yang ada dalam rekening tabungan mereka.

Sementara itu, 42 persen lainnya mengatakan bahwa mereka merasa cemas dan tertekan ketika memikirkan tentang masa depan finansial dan 11 persen sisanya merasa malas membahas masalah itu.

Namun, jika tak dibicarakan secara jelas atau transparan satu sama lain, masalah kecil bisa jadi besar dan bahkan mengancam pernikahan. Penelitian menemukan, banyak kasus perceraian menjadikan alasan keuangan sebagai alasan utama bercerai. Itulah mengapa sebaiknya sebelum menikah pria dan wanita yang akan menikah membicarakan ini secara gamblang.

Misalnya, berapa pendapatannya, kesepakatan menggunakan uang bersama atau terpisah, berapa banyak uang yang dikeluarkan tiap bulan. Alasan-alasan itu sangat penting jika pernikahan berjalan langgeng dan tetap harmonis. (Febi Anindya Kirana/Fimela.com)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.