Sukses

Cara Memakai Dasi yang Rapi, Mudah untuk Pekerja Kantoran hingga Pelajar

Cara memakai dasi mudah, tapi jangan sampai keliru ya.

Liputan6.com, Jakarta Dasi adalah salah satu item yang penting dalam fashion pria. Dasi biasa untuk menunjang fashion saat kerja ataupun kelengkapan seragam sekolah. Bahkan, dalam berpakaian semi-formal pun, cara memasang dasi yang benar, bisa membuat kamu tampil dengan kesan formal dan rapi. 

Dasi sendiri ada bermacam-macam jenis. Ini dibuat sesuai dengan kebutuhan terhadap berbagai acara yang akan kamu hadiri, atau berdasar kecocokan dasi dengan kepribadian kamu. Beberapa dasi yang paling populer dan paling sering digunakan adalah dasi panjang.

Selain dasi panjang, juga terdapat bow tie yang merupakan dasi kupu-kupu, ascot tie yang mempergunakan sapu tangan, hingga bolo tie yang menggunakan tali dan pin.

Berikut cara memakai dasi yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (27/2/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Cara Memakai Dasi Segitiga

Sebenarnya, ada banyak cara memakai dasi berdasarkan gaya yang ingin dihasilkan. Namun cara memakai dasi segitiga atau biasa disebut dasi panjang adalah yang paling mudah. Cara memakai dasi dengan simpul Oriental ini paling mudah dipelajari. 

Langkah-langkah :

· Cara memakai dasi pertama-tama, letakkan dasi di leher kamu dengan posisi terbalik (bagian luar dasi berada di dalam). Letakkan bagian ujung dasi yang lebar berada di kanan dan ujung dasi yang sempit berada di kiri. Posisikan ujung lebar berada sedikit di atas pusar, atau sesuaikan dengan panjang yang kamu inginkan.

· Silangkan ujung sempit dasi di atas ujung lebar dasi, sehingga dasi akan membentuk huruf X

· Bawa ujung lebar dasi ke kanan

· Bawa ujung lebar dasi yang telah berada di kanan naik ke atas lingkaran simpul dasi dari bawah

· Masukkan dasi melalui lingkaran simpul, dan kamu telah membuat bagian depan dasi

· Tarik ujung lebar dasi ke bawah untuk mengencangkan dasi, lalu geser simpul ke atas untuk menyesuaikan dengan kerapatan dasi yang kamu inginkan

3 dari 5 halaman

2. Cara Memakai Dasi Kupu-Kupu

Dasi kupu-kupu merupakan salah satu alternatif yang kerap digunakan di acara formal. Dasi kupu-kupu ini cukup populer di Amerika Serikat, yang seringkali dipadukan dengan setelan jas dengan material yang berpola unik.

Berikut cara memakai dasi kupu-kupu:

·   Siapkan dasi kupu-kupu, baringkan dasi kupu-kupu menghadap ke atas. Sesuaikan dasi kupu-kupu sehingga sisi kanan lebih pendek dari sisi kiri. Sisi kiri (sisi panjang) akan disebut A, sisi kanan (sisi pendek) akan disebut B

· Pindahkan sisi A ke kanan, hingga membentuk huruf X dengan sisi B

· Bawa sisi A ke bawah B dan naik melalui simpul dasi

· Cara memakai dasi lipat sisi B ke kanan kemudian ke arah kiri untuk membentuk busur

· Bawa sisi A ke bawah, di atas lipatan sisi B

· Lipat sisi A ke arah dada, lalu lipat lagi ke arah luar sehingga ada dua lipatan

· Cara memakai dasi masukkan dua lipatan tersebut ke simpul yang telah dibentuk oleh sisi B

· Tarik bagian yang terlipat untuk mengencangkan

· Sesuaikan dengan menarik simpul hingga seimbang di kedua sisi

4 dari 5 halaman

3.  Cara Memakai Dasi Sekolah untuk Pelajar SD dan SMP

Dasi untuk para pelajar SD, SMP, maupun SMA, seringkali memiliki konfigurasi yang sama dengan dasi segitiga ataupun dasi panjang. Sehingga cara memasang dasi untuk para pelajar, kurang lebih sama dengan cara memasang dasi segitiga.

Perbedaannya, biasanya terdapat kain velcro atau kancing untuk mempermudah pemakaian, sehingga para pelajar tak perlu repot-repot melakukan pemasangan dasi di setiap harinya.

5 dari 5 halaman

4. Cara Memakai Dasi Pramuka

Berbeda dengan dasi sekolah, seragam pramuka juga memiliki dasi dan memiliki cara memasang dasi yang berbeda. Cara memasang dasi Pramuka pada dasarnya cukup mudah dan sederhana. Dasi Pramuka, atau biasa disebut hasduk atau setangan leher, memiliki bentuk segitiga berwarna merah putih.

Hasduk atau setangan leher ini dulu digunakan oleh pelajar Pramuka putra, sedangkan Pramuka putri menggunakan pita memanjang dengan warna merah putih di bagian kanan dan kirinya. Meski demikian, kini Pramuka putra dan putri menggunakan jenis dasi yang sama yakni hasduk.

Cara memakai dasi hasduk sebagai berikut :

· Cara memakai dasi adalah siapkan hasduk atau setangan leher yang berbentuk segitiga, lalu letakkan di meja atau bidang datar lain

· Lipat bagian bawah (bagian datar) sebesar 6 centimeter hingga 8 centimeter, lalu teruskan lipatan tersebut hingga akan mencapai pucuk segitiga

· Sisakan sekitar 15 centimeter bagian segitiga dari hasduk, lalu akhiri dengan melipat bagian terakhir lipatan menjadi lebih kecil lalu lipat keseluruhan hasduk menjadi dua dan membentuk dasi

· Pakai hasduk di bawah kerah kemeja Pramuka, lalu rapatkan gunakan kolong rotan atau lambang pramuka sesuai tingkatan Pramuka kamu untuk sentuhan akhir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini